Kolaborasi Kunci Aksi jaWAra

Hari kedua TTT jaWAra internetsehat dimulai dengan sharing dari Yosi Mokalu, ketua umum Gerakan Nasional Literasi Digital SIBERKREASI. Baru saja mas Yosi memulai, banyak peserta yang terperangah melihat tampilan slide presentasinya yang tidak lazim. Rupanya yang dipakai adalah prezi, dan ini memberikan pengalaman baru bagi para peserta untuk menbuat presentasi literasi digital yang lebih menarik.

Yosi Mokalu membabar tentang bagaimana gerakan nasional literasi digital melakukan upaya pencerdasan kehidupan berbangsa. Ada 4 pilar literasi digital yang menjadi pengetahuan dasar yang mesti kita miliki. Adalah Digital Culture, Digital Ethic, Digital Safety, dan Digital Skill. Yosi juga menekankan pentingnya peran jaWAra InternetSehat dalam mencapai tujuan bersama semua pihak yaitu membuat rakyat Indonesia Makin Cakap Digital. Satu kunci yang diungkap adalah kekuatan kolaborasi, gotong royong. 

Narasumber kedua adalah Donny BU, Tenaga Ahli Menteri Kominfo bidang Literasi Digital dan Budaya Digital. Tukar pengalaman yang dilakukan adalah tentang hoaks dan bagaimana jaWAra melakukan strategi pencegahan dan penanganannya. Berbagai strategi menangkal hoaks dicontohkan oleh mas Donny.

Sesi ketiga dihandle oleh Indriyatno Banyumurti, Direktur Eksekutif ICT Watch yang berbagi pengalaman tentang bagaimana cara menjaga keamanan data pribadi. Di tengah sesi mas IB -begitu beliau disapa-, ada peserta yang chat, “dari pagi materinya daging semua!”

Yang menarik disetiap pergantian narasumber, ditampilkan video literasi digital yang dibuat oleh jaWAra InternetSehat 2021. Ada video pemenang lomba konten literasi digital yang dibuat oleh jaWAra internetsehat 2021 dari Provinsi Bali, ada juga video syair melalak dari jaWAra provinsi Riau, dan juga dari NTB, yang mengangkat kesenian tradisional Sakeco Literasi Digital.

JaWAra InternetSehat adalah program literasi digital dari ICT Watch untuk menangkal hoaks dan melindungin data pribadi dengan cara mengajak anak muda dari seluruh Indonesia untuk melakukan literasi digital untuk masyarakat di daerahnya masing-masing. Kegiatan ini sangat unik karena berangkat dari keragaman dan keunikan setiap daerah di Indonesia. Untuk mengetahui siapa dan apa saja yang dilakukan para jaWAra, silakan kunjungi di situs https://jawara.internetsehat.id