Laptop yang Diberikan Pemerintah Inggris Membawa Malware

Laptop yang Diberikan Pemerintah Inggris Membawa Malware

Internet Sehat : Beberapa laptop yang diberikan pemerintah di Inggris untuk mendukung anak-anak yang rentan bersekolah di rumah selama lockdown mengandung malware.

Beberapa guru berbagi detail di forum online tentang file mencurigakan yang ditemukan di perangkat yang dikirim ke sekolah Bradford. Malware, yang mereka katakan tampaknya menghubungi server Rusia, diyakini telah ditemukan di laptop yang diberikan ke beberapa sekolah. Departemen Pendidikan Inggris mengatakan pihaknya menyadari hal tersebut dan segera menyelidiki.

Seorang pejabat departemen pendidikan mengatakan bahwa mereka mengetahui masalah dengan sejumlah kecil perangkat dan sedang menyelidiki sebagai prioritas mendesak untuk menyelesaikan masalah tersebut secepat mungkin.

Geo, perusahaan pembuat laptop, mengatakan bahwa mereka telah bekerja sama dengan Departemen Pendidikan Inggris terkait masalah yang dilaporkan pada sejumlah kecil perangkat. Mereka memberikan dukungan penuh selama penyelidikan.

Menurut forum tersebut, laptop Windows berisi Gamarue.I, worm yang diidentifikasi oleh Microsoft pada tahun 2012. Pemerintah sejauh ini telah mengirim lebih dari 800.000 laptop ke sekolah, saat mencoba mendistribusikan lebih dari satu juta perangkat kepada siswa yang kurang beruntung yang mungkin tidak memiliki akses di rumah.

Konsultan keamanan informasi Paul Moore mengatakan bahwa worm Gamarue menghadirkan ancaman yang sangat parah bagi PC atau jaringan mana pun. Idealnya pengguna harus melakukan booting ulang ke mode aman dan menjalankan pemindaian penuh dengan produk anti-virus. Namun demikian untuk jenis malware ini, disarankan untuk mencari bantuan profesional untuk memastikannya telah dihapus dengan benar.

Malware yang dimaksud menginstal spyware yang dapat mengumpulkan informasi tentang kebiasaan browsing, serta mengumpulkan informasi pribadi seperti detail perbankan.

Sumber : BBC

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.