Privasi & Data Pribadi

Layanan Pembayaran Sekolah Wisepay Kena Serangan Cyber

Internet Sehat : Orangtua yang melakukan pembayaran ke sekolah di Inggris dalam beberapa hari terakhir melalui layanan Wisepay telah diperingatkan bahwa detail kartu mereka telah disusupi.

Wisepay mengatakan peretasan situs webnya berarti penyerang dapat mengambil detail pembayaran antara tanggal 2 dan 5 Oktober melalui halaman spoof. Upaya pembayaran ke sekitar 300 sekolah telah terpengaruh oleh serangan tersebut tersebut. Namun, Wisepay mengatakan hanya sejumlah kecil orangtua murid yang menggunakan sistemnya sebelum dinonaktifkan.

Direktur pelaksana Wisepay mengatakan bahwa hal ini karena jenis pembayaran tanpa uang tunai yang dilakukan, mencakup hal-hal seperti uang ujian dan makan sekolah tidak akan dilakukan setiap hari. Richard Grazier direktur pelaksana Wisepay bersikeras bahwa sebenarnya serangan tersebut hanya memengaruhi sebagian kecil pengguna platform.

Serangan itu terjadi pada Jumat malam dan tidak diketahui hingga Senin pagi berikutnya pada pukul 10:00 pagi. Pada saat itu, situs web Wisepay dihapus dan kemudian kembali online dan sekarang aman untuk digunakan.

Grazier mengatakan peretas telah berhasil menemukan pintu belakang ke dalam database sistem dan telah memodifikasi satu halaman. Akibatnya, saat pengguna mengklik untuk melakukan pembayaran, mereka dialihkan ke halaman eksternal yang dikontrol oleh penyerang. Halaman yang dipalsukan tersebut terlihat seperti halaman pembayaran yang sah sehingga siapa pun yang memasukkan detail kartu debit atau kredit mereka secara efektif mengirimnya ke penjahat cyber.

Sumber : BBC

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.