Lebih dari 80 Juta Dollar AS Melayang Karena Penipuan Investasi Cryptocurrency

Lebih dari 80 Juta Dollar AS Melayang Karena Penipuan Investasi Cryptocurrency

Internet Sehat : Komisi Perdagangan Federal AS (FTC) mengatakan bahwa lebih dari 80 juta dollar AS telah hilang karena penipuan investasi cryptocurrency dari sekitar 7.000 laporan yang diterima sejak Oktober 2020.

Jumlah ini meningkat sepuluh kali lipat selama 12 bulan terakhir, dengan laporan yang menunjukkan bahwa jumlah rata-rata konsumen yang kehilangan uang karena penipu adalah sebesar 1.900 dollar AS.

Kelompok yang paling rentan terhadap jenis penipuan ini adalah konsumen berusia 20 hingga 49 tahun yang lima kali lebih mungkin kehilangan uang, dengan lebih dari setengah dari semua kerugian penipuan investasi yang mereka laporkan (sekitar 35 juta dollar AS) dikaitkan dengan mata uang kripto.

FTC mengatakan bahwa jumlahnya sangat mencolok bagi orang-orang berusia 20-an dan 30-an karena kelompok usia ini melaporkan kehilangan jauh lebih banyak uang karena penipuan investasi daripada jenis penipuan lainnya dan lebih dari setengah dari kerugian penipuan investasi yang dilaporkan terjadi dalam mata uang kripto.

Statistik FTC didasarkan pada laporan konsumen yang dikirim ke Jaringan Sentinel Konsumen yang dikategorikan sebagai penipuan terkait investasi dengan cryptocurrency yang digunakan sebagai metode pembayaran.

Elon Musk kemungkinan adalah contoh terbaik dari seorang selebriti yang digunakan sebagai penutup untuk mengelabui orang agar mengirimkan cryptocurrency mereka ke dompet penipu. Laporan yang diterima oleh badan perlindungan konsumen AS menunjukkan cryptocurrency senilai lebih dari 2 juta dollar AS diambil oleh penipu yang meniru Elon Musk selama enam bulan terakhir. Kerugian sebenarnya jauh lebih tinggi karena tidak semua orang yang kehilangan dananya karena Elon Musks palsu melaporkan telah ditipu.

Scammer atau penipu juga meraup ratusan ribu dolar untuk mempromosikan penipuan giveaway palsu dari orang atau perusahaan terkenal, seperti Elon Musk, Tesla, dan Gemini Exchange. Baru-baru ini, mereka juga mulai meretas akun Twitter terverifikasi yang ditinggalkan untuk mempromosikan penipuan semacam itu ke basis pengikut yang lebih besar.

Operasi terbaru, yaitu penipu Twitter memanfaatkan hosting Elon Musk di Saturday Night Live untuk mendorong penipuan cryptocurrency dan mencoba mencuri Bitcoin, Ethereum, dan Dogecoin. Taktik scam ini sangat berhasil karena para scammer mampu mencuri cryptocurrency senilai jutaan dolar dari pengguna yang tidak menaruh curiga.

Sumber : Bleeping Computer

Sumber Foto : Medium.com

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.