Mantan Karyawan Tipu Apple 10 Juta Dollar AS

Internet Sehat : Seorang mantan karyawan Apple telah didakwa menipu raksasa teknologi tersebut jutaan dolar melalui pencurian, suap, dan pencucian uang.

Dhirendra Prasad telah didakwa atas lima tuduhan, termasuk konspirasi untuk melakukan penipuan kawat dan surat dan dua tuduhan konspirasi untuk mencuci hasil penipuan. Prasad juga dituduh melakukan penggelapan pajak dan konspirasi untuk menipu pemerintah AS.

Prasad bekerja untuk Apple antara Desember 2008 dan Desember 2018 sebagai pembeli di departemen Global Service Supply Chain, Apple.

Jaksa dalam pengajuan di pengadilan mengatakan bahwa Prasad menggunakan posisi kepercayaannya di Apple untuk terlibat dalam berbagai skema berbeda untuk menipu Apple, termasuk menerima suap, mencuri suku cadang menggunakan pesanan perbaikan palsu, dan menyebabkan Apple membayar barang dan layanan yang tidak pernah diterima Apple yang diperkirakan mengalami kerugian lebih dari 10 juta dollar AS.

Dua vendor juga dituduh bersekongkol dengan Prasad untuk melakukan penipuan dan pencucian uang dalam kasus federal yang terpisah. Selain hukuman penjara jika terbukti bersalah, Jaksa AS mencari penyitaan beberapa properti dan rekening uang senilai sekitar 5 juta dollar AS terkait dengan dugaan kejahatan Prasad.

Sumber : CNet