Literasi Digital

Menyesatkan, Iklan Homescapes dan Gardenscapes Dilarang

Internet Sehat : Dua iklan menyesatkan untuk game seluler yang tidak banyak hubungannya dengan produk sebenarnya telah dilarang oleh Advertising Standards Authority (ASA).

Iklan untuk game Homescapes dan Gardenscapes, keduanya berasal dari pengembang Playrix. Mereka menunjukkan permainan di mana pengguna menarik pin dalam urutan tertentu untuk memecahkan teka-teki – meskipun permainan sebenarnya memiliki alur permainan inti yang sama sekali berbeda. ASA mengatakan iklan tidak boleh digunakan lagi.

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah game seluler telah menggunakan video iklan yang menunjukkan mekanisme game puzzle yang tidak mereka gunakan atau hampir tidak digunakan yang memicu keluhan dari para gamer.

Beberapa pengembang game seluler secara aktif menargetkan konsumen untuk lebih cenderung membayar untuk pembelian dalam aplikasi atau menikmati lebih banyak iklan. Tidaklah mengherankan bagi penerbit untuk menargetkan jenis pemain tertentu dengan iklan yang menampilkan elemen yang lebih kompetitif dan pemecahan masalah dari judul mereka, bahkan jika mereka tidak membentuk sebagian besar permainan.

Namun, semakin banyak pemain yang merasa terganggu dengan iklan game seluler yang tidak relevan, menyesatkan, dan diterapkan dengan buruk.

Homescapes dan Gardenscapes menggunakan loop gameplay inti yang sama, yaitu rumah atau taman perlu direnovasi dan pemain mendapatkan sumber daya yang mereka butuhkan dengan memainkan game jenis mencocokkan tiga, mirip dengan game populer lainnya seperti Bejeweled atau Candy Crush. Baik Homescapes maupun Gardenscapes sangat populer, dengan lebih dari 100 juta pemasangan aplikasi masing-masing dari Google Play Store.

Namun game sering menggunakan iklan yang menampilkan teka-teki jenis pilihan ganda untuk mencegah bencana atau baru-baru ini jenis teka-teki yang menarik jarum. Dua iklan Facebook untuk Homescapes dan Gardenscapes, dari Maret dan April tahun ini, dirujuk ke ASA karena menyesatkan.

Meskipun ada peringatan singkat di bagian bawah video bahwa tidak semua gambar mewakili alur game yang sebenarnya, ASA memihak tujuh orang yang mengeluh terhadap iklan game yang menyesatkan tersebut.

Sumber : BBC

Sumber Foto : Medium

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.