Merangkul Teknologi – Mengasuh Anak di Era Digital

“Didiklah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup bukan di zamanmu.”

Ali Bin Abi Thalib

Pesan tersebut disampaikan kembali oleh Drs. Fauzi Thalib, Ketua Yayasan Al-Irsyad Kota Bogor, saat memberikan sambutan pada kegiatan Seminar Parenting, pada hari Sabtu, 24 Desember 2022 di SMPIT At-Taufiq. Beliau juga menegaskan bagaimana orang tua jaman sekarang yang harus dapat beradaptasi dengan dunia digital untuk memberikan pendidikan terbaik bagi anaknya.

Kegiatan Seminar Parenting yang diselenggarakan oleh Komite SMPIT At Taufiq ini mengambil tema “Pengasuhan Anak di Era Digital” dengan menghadirkan pembicara Indriyatno Banyumurti (IB), Direktur Eksekutif ICT Watch. Kepala SMPIT At-Tatufiq, Ust. Abdul Ghafur, menyampaikan apresiasinya kepada upaya Komite SMP sebagai penyelenggara dan ungkapan terima kasih kepada ICT Watch yang mendukung kegiatan ini. “Guru dan orang tua punya peran yang sangat penting dalam pendidikan anak, mereka harus bisa berbagi peran. Seminar ini menjadi sangat penting, karena dapat memberikan bekal bagi orang tua dan guru agar dapat berperan lebih baik lagi di era digital”.

IB, dalam paparannya, menyampaikan berbagai tantangan yang dihadapi orang tua dalam pengasuhan anak di era digital ini. Mulai dari adanya kesenjangan digital antara anak dan orang tua sehingga orang tua merasa gagap teknologi (gaptek), akses internet yang semakin mudah dan murah, tidak ada aturan yang diterapkan sampai terkadang orang tua bingung harus melakukan apa. Mengutip dari Family Online Safety Institute (fosi.org), terdapat 7 langkah pengasuhan digital yang baik yang perlu diperhatikan orang tua: membangun komunikasi yang baik antara orang tua dan anak, tidak pernah berhenti belajar karena menjadi orang tua adalah pembelajaran seumur hidup, menggunakan aplikasi parental control untuk dapat melihat aktivitas anak di gawainya, membuat aturan bersama anak tentang penggunaan teknologi digital, menjadi teman anak di media sosial, menggunakan media digital sebagai tempat bermain dan belajar bersama anak, serta orang tua juga perlu menjadi teladan digital yang baik bagi anaknya. 

Materi yang disampaikan tersebut dapat diunduh di sini:

“Seharusnya media digital ini dapat kita gunakan untuk mempererat bonding kita dengan anak, membangun komunikasi yang lebih baik lagi. Bukan malah menjadi tembok penghalang, yang memisahkan kita dengan buah hati kita”, tutup IB.

repost dari blog banyumurti