Mesin Pencari Fokus Privasi DuckDuckGo, Tumbuh 46,4% Pada Tahun 2021

Internet Sehat : Mesin pencari yang berfokus pada privasi DuckDuckGo terus berkembang pesat, Saat ini rata-rata lebih dari 100 juta permintaan pencarian harian dan tumbuh hampir 47%, tepatnya 46,4%pada tahun 2021.

Tidak seperti mesin pencari lainnya, DuckDuckGo mengatakan mereka tidak melacak pencarian pengguna atau perilaku pengguna di situs lain. Alih-alih membangun profil pengguna yang digunakan untuk menampilkan iklan berbasis minat, halaman pencarian DuckDuckGo menampilkan iklan kontekstual berdasarkan kata kunci yang dicari.

Hal ini berarti bahwa jika pengguna melakukan pencarian di DuckDuckGo untuk sebuah televisi, permintaan pencarian tersebut tidak akan digunakan untuk menampilkan iklan televisi di setiap situs lain yang dikunjungi.

Selanjutnya, untuk membangun indeks pencarian mereka, mesin pencari menggunakan DuckDuckBot spider untuk merayapi situs dan menerima data dari mitra, seperti Wikipedia dan Bing. Namun, mereka tidak membangun indeks mereka menggunakan data dari Google.

Sementara Google tetap menjadi platform pencarian yang dominan, DuckDuckGo telah melihat pertumbuhan yang mengesankan dari tahun ke tahun.

Pada tahun 2020, DuckDuckGo menerima total 23,6 miliar permintaan pencarian dan mencapai rata-rata harian 79 juta permintaan pencarian pada akhir Desember.

Pada tahun 2021, DuckDuckGo menerima total 34,6 miliar permintaan pencarian sejauh ini dan saat ini memiliki rata-rata 100 juta permintaan pencarian per hari, menunjukkan pertumbuhan 46,4% untuk tahun ini.

Meskipun pertumbuhan DuckDuckGo cukup besar, DuckDuckGo masih hanya memiliki 2,53% dari total pangsa pasar, dengan Yahoo sebesar 3,3%, Bing sebesar 6,43%, dan Google memegang pangsa dominan sebesar 87,33% dari lalu lintas mesin pencari di AS.

Namun, karena orang terus menjadi frustrasi dengan bagaimana data mereka digunakan oleh raksasa teknologi seperti Google, Facebook, Microsoft, dan Apple, mungkin akan lebih banyak orang beralih ke mesin pencari yang berfokus pada privasi.

Untuk lebih membantu pengguna melindungi privasi mereka, DuckDuckGo merilis email forwarding service pada tahun 2021 yang disebut Email Protection yang menghapus pelacak email dan memungkinkan pengguna melindungi alamat email yang sebenarnya.

Mereka juga memperkenalkan App Tracking Protection for Android yang memblokir pelacak pihak ketiga dari Google dan Facebook yang ditemukan di aplikasi.

Baru-baru ini, DuckDuckGo mengumumkan bahwa mereka merilis Browser Privasi DuckDuckGo untuk Desktop yang tidak akan didasarkan pada Chromium dan akan dibuat dari awal.

Bagi pengguna yang ingin mengambil kembali kendali atas data mereka dan menambahkan lebih banyak privasi ke perilaku pencarian, DuckDuckGo mungkin merupakan mesin pencari yang tepat.

Sumber : Bleeping Computer

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.