Literasi Digital

Microsoft akan Ganti Jurnalis dengan Robot

Internet Sehat: Media di AS dan Inggris melaporkan bahwa Microsoft akan mengganti puluhan jurnalis kontrak di situs web MSN-nya dan akan menggunakan sistem otomatis untuk memilih berita.

Saat ini, kurasi berita dari organisasi berita dan pemilihan tajuk dan gambar untuk situs MSN saat ini dilakukan oleh jurnalis. Namun sekarang, kecerdasan buatan akan melakukan tugas-tugas produksi berita tersebut.  

Microsoft mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bagian dari evaluasi bisnisnya. Raksasa teknologi AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka mengevaluasi bisnis secara teratur. Evaluasi tersebut dapat menghasilkan peningkatan investasi di beberapa tempat dan dari waktu ke waktu, penempatan kembali di tempat lain. Keputusan ini bukan merupakan hasil dari pandemi saat ini.

Microsoft, seperti beberapa perusahaan teknologi lainnya, membayar organisasi berita untuk menggunakan konten mereka di situs webnya. Tetapi mempekerjakan jurnalis untuk memutuskan berita mana yang akan ditampilkan dan bagaimana mereka disajikan.

Sekitar 50 produser berita kontrak akan kehilangan pekerjaan pada akhir Juni, Seattle Times melaporkan, tetapi tim jurnalis penuh waktu akan tetap bekerja. Beberapa jurnalis yang dipecat memperingatkan bahwa kecerdasan buatan mungkin tidak sepenuhnya akrab dengan pedoman editorial yang ketat dan akhirnya bisa membiarkan munculnya berita yang tidak pantas.

Sebanyak dua puluh tujuh dari mereka yang kehilangan pekerjaan dipekerjakan oleh PA Media, Inggris. Microsoft adalah salah satu dari banyak perusahaan teknologi yang bereksperimen dengan bentuk-bentuk yang disebut jurnalisme robot untuk memangkas biaya. Google juga berinvestasi dalam proyek-proyek ini untuk memahami bagaimana cara kerjanya. 

Sumber: BBC

Ikuti berita menarik lainnya di situs Internet Sehat.

Similar Posts