Literasi Digital

Microsoft Bawa Defender ke Android dan iOS

Microsoft membawa aplikasi anti-malware Windows Defender ke macOS dan lebih banyak platform di masa mendatang, misalnya Android saat memperluas jangkauan platform Defender Advanced Threat Protection (ATP). Untuk mencerminkan sifat lintas-platform baru, aplikasi ini juga diganti namanya menjadi Microsoft Defender ATP, dengan masing-masing klien diberi label untuk Mac atau untuk Windows.

Malware macOS masih merupakan sesuatu yang langka, tetapi tidak sepenuhnya tidak pernah terdengar. Ransomware untuk platform ini ditemukan pada tahun 2016, dan wabah perangkat lunak berbahaya lainnya masih ditemukan. Apple telah mengintegrasikan beberapa perlindungan malware ke dalam macOS, tetapi pengguna Mac mengatakan bahwa ini tidak selalu sangat baik dalam menjaga sistem mereka pada rilis poin terbaru.

Pratinjau awal Defender untuk Mac akan fokus pada deteksi malware berbasis tanda tangan. Namun ini baru permulaan. ATP Defender untuk Windows melacak berbagai perilaku sistem dan melaporkannya ke layanan cloud ATP, yang dapat digunakan untuk mendeteksi ancaman bahkan tanpa mengidentifikasi bagian tertentu dari malware. Misalnya, jika suatu sistem secara iteratif membuka dan menimpa semua dokumen, ada kemungkinan besar sistem itu menjalankan semacam proses ransomware yang secara sistematis mengenkripsi file pengguna. ATP dapat memberi tahu administrator bahwa ini sedang terjadi.  

Sumber: Arstechnica

Similar Posts