Virus Corona

Nadiem Makarim Janjikan Kuota Gratis Bagis Siswa, Mahasiswa, Guru dan Dosen

Internet Sehat : Oleh karena wabah Covid-19, sebagian proses belajar-mengajar kini dilakukan secara online. Namun proses belajar online atau pembelajaran jarak jauh sangat tergantung kepada kuota yang dimiliki oleh peserta, yaitu siswa, mahasiswa, guru dan dosen. Sering ditemui, proses belajar-mengaja secara online ini terhambat karena terbatasnya kuota.

Namun masalah ini mungkin akan segera berakhir. Dikutip dari berbagai sumber, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim akan memberikan kuota internet kepada siswa sebesar 35 giga byte per bulan dan guru 42 giga byte per bulan. Kebijakan itu akan dilakukan untuk menunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ) di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Selain itu, mahasiwa dan dosen juga akan diberikan kuota internet sebanyak 50 giga byte per bulan. Rencana itu dipaparkan Nadiem saat rapat bersama Komisi X di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (26/8). Subsidi kuota internet untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen tersebut akan diberikan selama 4 bulan.

Untuk subsidi kuota guru akan dibiayai melalui realokasi anggaran Program Organisasi Penggerak. Nadiem mengatakan kuota diperlukan untuk Pembelajaran Jarak Jauh alias PJJ. PJJ dilakukan karena kegiatan belajar mengajar di sekolah ditiadakan selama pandemi virus corona. Namun, banyak pelajar di berbagai daerah yang terkendala membeli kuota internet untuk belajar di rumah.

Selama PJJ berjalan, Nadiem mengaku banyak mendapat laporan kendala orangtua dan pelajar dalam membiayai kuota. Perkara ini menurutnya lebih banyak didapati dibanding pelajar yang tidak memiliki gawai. Diketahui, Nadiem juga berencana membuka kembali sekolah di zona kuning dan hijau. Dengan begitu, kegiatan belajar mengajar kembali dilakukan di sekolah.

Sumber : CNN Indonesia, CNBC Indonesia

Sumber Foto : iStock Photo via Tirto

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.