Nama Domain Google Argentina Dibeli dengan Harga 2 Pound

Nama Domain Google Argentina Dibeli dengan Harga 2 Pound

Internet Sehat : Peristiwa luar biasa terjadi di Argentina. Nama domain Google Argentina dibeli oleh seorang desainer web saat situs tersebut tidak berfungsi selama dua jam di negara tersebut hari Rabu minggu lalu.

Nicolas Kurona, 30 tahun, mengatakan dia berhasil membeli Google.com.ar melalui proses hukum yang normal. Ia mengatakan bahwa ia tidak pernah membayangkan bisa membeli nama domain tersebut.

Google Argentina mengatakan bahwa untuk jangka pendek, domain tersebut diakuisisi oleh orang lain. Google Argentina menambahkan, kendali atas nama domain tersebut telah diperoleh kembali dengan sangat cepat.

Peristiwa ini dimulai ketika Nicolas sedang berada di mejanya di pinggiran Buenos Aires pada Rabu malam, merancang situs web untuk klien. Dia mulai mendapatkan pesan di WhatsApp bahwa Google sedang down.

Dia memutuskan untuk pergi ke Pusat Informasi Jaringan Argentina (NIC), organisasi yang bertanggung jawab untuk mengoperasikan domain kode negara .ar. Dia menelusuri Google dan memunculkan domain Google Argentina yang tersedia untuk dibeli.

Meski berpikir itu tidak akan berhasil, dia mengikuti langkah-langkahnya dan kemudian menerima email dengan faktur pembelian. Nicolas membagikan faktur NIC dengan BBC. Nama domain Google Argentina diperoleh dengan harga 270 peso (sekitar 2.08 pound)

Pertanyaannya mengapa hal tersebut terjadi?

Satu teori adalah bahwa Google lupa memperbarui nama domainnya. Namun, Google mengatakan lisensinya untuk domain tersebut belum kedaluwarsa dan tidak akan kedaluwarsa hingga Juli 2021. Grup Open Data Córdoba (yang didedikasikan untuk melacak domain Argentina yang kedaluwarsa dan melacak yang terdaftar) mendukung pernyataan tersebut. Sampai sekarang masih belum jelas mengapa nama domain Google dirilis untuk dijual.

Nicolas mengatakan dia hanya lega bahwa dia tidak mendapat masalah. Dia mengatakan NIC mengambil nama domain darinya tak lama setelah dia membelinya, tetapi 270 peso miliknya belum dikembalikan. Google tidak menghubunginya dan dia tidak dibayar. Google belum menjelaskan bagaimana mereka mendapatkan kembali nama domain tersebut.

Sumber : BBC

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.