Operator Telekomunikasi Utama Ukraina Alami Serangan Siber

Internet Sehat : Operator telekomunikasi nasional Ukraina Ukrtelecom memulihkan layanan internet setelah mencegah serangan siber besar-besaran. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka telah membatasi akses pelanggan untuk melindungi pengguna militer dan infrastruktur penting.

Monitor internet global Netblocks mengatakan serangan tersebut adalah gangguan paling parah yang memengaruhi Ukrtelecom sejak invasi Rusia ke Ukraina dimulai bulan lalu. Netblocks mengatakan melihat keruntuhan konektivitas hingga 13% dari level sebelum perang. Namun, pengguna Ukraina di penyedia internet yang berbeda melaporkan tidak ada masalah.

Ukrtelecom adalah penyedia internet tetap terbesar di negara Ukraina dalam hal cakupan geografis, tetapi kedua setelah Kyivstar dalam hal jumlah klien. Mereka mengatakan bahwa telah beroperasi sekitar 80% dari cakupan penuhnya karena kerusakan yang disebabkan oleh invasi Rusia.

Dalam sebuah pernyataan, kepala eksekutif Ukrtelecom Yuriy Kurmaz menulis bahwa serangan cyber musuh yang kuat dilakukan pada infrastruktur TI Ukrtelecom. Untuk melindungi infrastruktur jaringan penting dan tidak mengganggu layanan kepada Angkatan Bersenjata, badan militer lainnya, dan pengguna infrastruktur penting, Ukrtelecom terpaksa untuk sementara membatasi akses internet ke sebagian besar pengguna pribadi dan pelanggan bisnis. Kurmaz mengatakan serangan telah berhasil dipukul mundur dan penyediaan layanan secara bertahap dilanjutkan.

Sebelum perusahaan mengungkapkan rincian insiden tersebut, Alp Toker, direktur Netblocks, mengatakan bahwa mereka telah mengamati pengguna mengalami offline secara progresif sepanjang hari yang menunjukkan bahwa masalahnya tidak terletak pada kabel atau interkoneksi, melainkan dengan infrastruktur pusat di pusat data operator yang mengindikasikan serangan siber.

Sumber : BBC

Share