Literasi Digital

Orang Tua Khawatir Anak Terlalu Banyak Bermain Gadget

Boy-playing-on-computer-012

Sebuah survei terbaru menunjukkan bawa anak-anak terlalu sibuk bermain online untuk menghabiskan waktu sehingga mereka jauh dari sinar matahari, membuat teman baru dan menghabiskan waktu bersama keluarga saat liburan. Setengah dari anak-anak kehilangan hari-hari yang cerah karena mereka terlalu asyik dengan gadget mereka dan satu dari lima anak begitu asyik dengan smartphone sehingga mereka tidak bisa melihat atraksi di tempat/lokasi wisata.

Survei tersebut juga menyebutkan bahwa anak-anak bermain game di smartphone dan tablet rata-rata dua setengah jam ketika bepergian. Satu dari lima orang tua mengakui bahwa anak-anak mereka bermain hingga satu jam sehari ketika berlibur. Dua pertiga dari orang tua mengatakan anak-anak mereka menghabiskan terlalu banyak waktu pada perangkat dan 31 persen mengaku khawatir tentang kesehatan anak-anak mereka sebagai akibat dari terlalu banyak screentime atau waktu di layar (gadget).

Orang tua cenderung memilih yang termudah untuk menjaga anak-anak mereka dan hal tersebut adalah dengan memberikan gadget. Sayangnya orang tua juga tidak mengetahui akibat buruk ketika anak-anak terlalu lama dengan gadget mereka ketika liburan. Akibatnya anak-anak di kala liburan malah kehilangan waktu untuk menikmati sinar matahari, membuat pertemanan baru atau bahkan kehilangan kesempatan menonton atraksi di tempat wisata.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang tua prihatin dengan anak-anak mereka ketika menggunakan teknologi dan lebih suka mereka memainkan permainan keluarga tradisional. Teknologi meskipun dapat meningkatkan pengalaman, namun mengkhawatirkan karena 50 persen anak-anak kehilangan hari yang indah cerah ketika liburan.

Sumber: The Telegraph

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.