Pandemi Covid-19 : Tingkat Kesopanan Warganet Global Menurun Drastis

Pandemi Covid-19 : Tingkat Kesopanan Warganet Global Menurun Drastis

Internet Sehat : Remaja dan orang dewasa di 18 negara mengatakan persepsi kesopanan online telah memburuk satu tahun setelah pandemi global, dengan responden di Polandia, Filipina, Italia, Jerman, dan Hongaria melaporkan sentimen negatif turun paling tajam. Fakta ini diungkap oleh penelitian terbaru Microsoft.

Responden di 82% dari 22 negara yang disurvei mengatakan kesopanan online lebih buruk satu tahun di masa pandemi Covid-19, sementara hanya satu negara, yaitu Kolombia yang melaporkan kesopanan online positif bersih setelah satu tahun pembatasan global tinggal di rumah diberlakukan.

Temuan terbaru ini mengikuti hasil yang lebih beragam tentang keadaan kesopanan online selama bulan-bulan awal pandemi pada tahun 2020. Tahun lalu, responden di kawasan Asia-Pasifik, misalnya, melaporkan peningkatan dalam interaksi online yang lebih sopan, sementara mereka yang berbahasa Latin Amerika mengatakan kesopanan digital memburuk yang disebabkan oleh meningkatnya penyebaran informasi palsu dan menyesatkan.

Studi terbaru ini, Civility, Safety and Interaction Online 2021, mensurvei remaja berusia 13-17 dan orang dewasa berusia 18-74 tentang paparan mereka terhadap 21 risiko online di empat kategori, yaitu perilaku, seksual, reputasi, dan pribadi. Survei tahun ini menandai tahun keenam berturut-turut penelitian kesopanan digital Microsoft dan didasarkan pada studi serupa di masing-masing dari lima tahun terakhir, yang dilakukan di berbagai negara.

Sebanyak 11.067 orang berpartisipasi dalam jajak pendapat tahun ini, dan Microsoft telah mensurvei hampir 70.000 orang sejak awal penelitian ini. Hasil lengkap, termasuk rilis Microsoft Digital Civility Index (DCI) 2021, akan tersedia pada Hari Internet Aman internasional 2022 pada 8 Februari 2022.

DCI adalah ukuran tone dan tenor waktu interaksi online seperti yang dilaporkan oleh konsumen di semua 22 geografi. Berkat interaksi online yang bertanggung jawab oleh remaja khususnya, indeks tahun 2020 bangkit kembali ke 67 dari 70 pada tahun 2019 yang menunjukkan tingkat persepsi ketidaksopanan online tertinggi di antara responden sejak survei ini dimulai.

Pada tahun 2021, kurang dari dua dari 10 responden (17%) secara global mengatakan kesopanan online meningkat sebagai akibat dari Covid-19, sementara 30% mengatakan memburuk. Persentase tersebut dibandingkan dengan 26% dan 22%, masing-masing tahun lalu yang dapat disimpulkan bahwa selama pandemi Covid-19 tingkat kesopanan warganet global terus menurun.

Sumber : https://blogs.microsoft.com/

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.