Pasar Data Curian RaidForum Ditutup Karena Penyitaan Domain

Internet Sehat : Setelah setidaknya enam tahun menjajakan informasi pribadi yang dicuri, pasar data curian yang terkenal RaidForums telah ditutup menyusul penangkapan tersangka pendiri dan adminnya, yaitu Diogo Santos Coelho di Inggris awal tahun ini.

Coelho yang berusia 21 tahun yang diduga menggunakan julukan Omnipotent saat ini sedang menunggu hasil proses hukum Inggris untuk kemudian diekstradisi ke Amerika Serikat.

Enam dakwaan mendakwa Coelho dengan konspirasi, penipuan akses perangkat, dan pencurian identitas yang diperburuk menyusul dugaan aktivitasnya sebagai kepala administrator RaidForums, pasar online untuk basis data yang disusupi atau dicuri yang berisi informasi pribadi dan keuangan.

Surat dakwaan yang awalnya diajukan pada 6 Mei 2021 disertai dengan upaya internasional untuk menutup domain web yang terkait dengan RaidForums, yaitu raidforums[.]com, Rf[.]ws, dan Raid[.]lol. Situs ini dikatakan telah menarik sekitar setengah juta pengguna.

Europol bekerja dengan pihak berwenang dari AS, Inggris, Jerman, Portugal, Swedia, dan Rumania, mengatakan telah membuat forum bawah tersebut tanah offline, menyita infrastrukturnya, dan menangkap dua orang yang diduga kaki tangan Coelho sebagai bagian dari Operasi TOURNIQUET.

Asisten Direktur Penanggung Jawab Steven M D’Antuono dari FBI’s Washington Field Office dalam sebuah pernyataan mengatkan bahwa penyitaan situs web RaidForums yang memfasilitasi penjualan data curian dari jutaan orang di seluruh dunia dan tuduhan terhadap administrator pasar adalah bukti kekuatan kemitraan internasional FBI.

Menurut dakwaan, Coelho mendirikan RaidForums pada Januari 2015. Awalnya, situs web tersebut berfokus pada pengorganisasian dan mendukung pelecehan, dalam bentuk menyerang, membanjiri target dengan pesan dan memukul dengan cara membuat laporan palsu kepada lembaga penegak hukum untuk menimbulkan respons bersenjata yang terkadang berakhir dengan kematian korban.

Pada tahun berikutnya, forum tersebut dikatakan telah menjadi tempat jual-beli data curian yang terdiri dari informasi pribadi dan keuangan dari orang-orang di AS dan di tempat lain. Data tersebut diduga termasu bank dan nomor rekening, detail kartu kredit, kredensial login, dan nomor jaminan sosial.

FBI mengatakan bahwa RaidForums, selain menjual data yang dicuri, menawarkan layanan dan alat peretasan di empat tingkatan keanggotaan yang berbeda, yaitu gratis, VIP, MVP, dan God. Keanggotaan God menawarkan akses yang hampir tak terbatas ke RaidForums dan fitur-fiturnya.

Sumber : The Register

Share