Password Checkup Google Kini Hadir di Android

Password Checkup Google Kini Hadir di Android

Internet Sehat : Pengguna perangkat Android sekarang dapat memanfaatkan fitur Pemeriksaan Kata Sandi atau Password Checkup yang pertama kali diperkenalkan Google di browser web Chrome pada akhir 2019. Hal ini diumumkan Google kemarin.

Di Android, fitur Password Checkup menjadi bagian dari mekanisme Autofill with Google yang digunakan OS untuk memilih teks dari cache dan mengisi formulir.

Idenya adalah bahwa fitur Password Checkup akan mengambil kata sandi yang disimpan di pengelola kata sandi OS Android dan memeriksanya dengan basis data yang berisi miliaran catatan dari pelanggaran data publik dan melihat apakah kata sandi sebelumnya telah bocor secara online. Jika ya, peringatan akan ditampilkan kepada pengguna.

Google mengatakan bahwa pengguna tidak perlu takut dengan mekanisme pemeriksaan sandi ini sebab tidak membagikan kredensial mereka dalam cleartext melalui jaringan, dan berfungsi sebagai berikut:

  1. Hanya hash terenkripsi dari kredensial yang meninggalkan perangkat (dua byte pertama dari hash dikirim tanpa terenkripsi ke partisi database).
  2. Server mengembalikan daftar hash terenkripsi dari kredensial yang dilanggar yang diketahui memiliki awalan yang sama.
  3. Penentuan sebenarnya tentang apakah kredensial telah dilanggar terjadi secara lokal di perangkat pengguna.
  4. Server (Google) tidak memiliki akses ke hash tak terenkripsi dari sandi pengguna dan klien (Pengguna) tidak memiliki akses ke daftar hash tak terenkripsi dari kredensial yang berpotensi dibobol.

Fitur Pemeriksaan Kata Sandi atau Password Checkup diluncurkan hari ini untuk semua pengguna Android 9+. Untuk mengaktifkan fitur inii, pengguna harus memastikan Autofill with Google diaktifkan di perangkat mereka dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka Setting.
  2. Ketuk Sistem> Bahasa & masukan> Lanjutan
  3. Ketuk Layanan IsiOtomatis
  4. Ketuk Google untuk memastikan pengaturan diaktifkan

Fitur pemeriksaan kata sandi serupa sudah ada di iOS 14 sejak musim panas lalu. Sebagian besar browser web juga memiliki fitur pemeriksaan pelanggaran kata sandi yang serupa selama bertahun-tahun, seperti yang ditemukan di Firefox, Chrome, Safari, dan Microsoft Edge.

Sumber : ZDNet

Sumber Foto : Android Authority

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.