Literasi Digital

Peneliti: Zoom Bukan untuk Rahasia Pemerintah

Aplikasi video konferensi Zoom yang sangat populer memiliki kelemahan signifikan yang mungkin membuatnya tidak cocok untuk hal-hal rahasia. Sebuah tim di The Citizen Lab menemukan bahwa Zoom menggunakan jenis enkripsi non-standar dan mentransmisikan informasi melalui China.

Oleh karena itu, penggunaan Zoom oleh pemerintah seperti penggunaan aplikasi Zoom yang dilakukan oleh Boris Johnson untuk rapat kabinet – mungkin tidak bijaksana. Tetapi aplikasi ini baik untuk tetap berhubungan dengan kebanyakan orang.

Hingga saat ini, Zoom digunakan terutama oleh perusahaan besar untuk panggilan video konferensi. Tetapi ledakan pada pengguna selama pandemi coronavirus telah menciptakan demam emas baru bagi mata-mata cyber.

The Citizen Lab memperingatkan bahwa Zoom mungkin tidak cocok untuk pemerintah dan bisnis khawatir tentang spionase, penyedia layanan kesehatan yang menangani informasi pasien yang sensitif, serta aktivis, pengacara, dan jurnalis yang mengerjakan topik sensitif.

Bagi mereka yang menggunakan Zoom untuk menghubungi teman, mengadakan acara sosial atau menyelenggarakan kursus atau kuliah tidak perlu khawatir.

Sumber: BBC

Similar Posts