Banyuwangi, Milenial Sikapi Konten Viral

BANYUWANGI, Tugujatim.id – Viralnya konten-konten yang dianggap tak bermutu dan bertebaran di media sosial (medsos) cukup meresahkan masyarakat. Sebab, dikhawatirkan konten viral tersebut bakal ditelan mentah-mentah oleh masyarakat, apalagi anak-anak di bawah umur. Persoalan yang menarik ini pun diulas dalam acara ICT Watch Roadshow yang digelar di Banyuwangi, Kamis (11/08/2022) secara hybrid.

Presiden Mahasiswa (Presma) Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi M. Andri Hidayat pun membeberkan konten viral tak bermanfaat yang meresahkan masyarakat ini. Dia memaparkan, pemuda milenial memegang peran penting dalam berkembangnya konten viral di medsos.

“Para pemuda saat ini lebih banyak menghabiskan waktunya di media sosial untuk sekadar flexing atau share kehidupan pribadinya,” paparnya.

Menurut dia, hal ini yang melatarbelakangi begitu banyak konten viral karena memang digandrungi para pemuda milenial. Namun, dia menjabarkan, mulai saat ini mereka (pemuda milenial, red) harus berperan dalam menghentikan beredarnya konten viral yang tak berguna.

“Pemuda milenial harus berkontribusi menghentikan konten viral yang tak berguna,” ujarnya

Dia memaparkan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menyikapi konten yang viral. Di antaranya, jangan emosi dalam menyikapi konten. Alasan yang masuk akal itu dilakukan karena dengan perasaan emosi yang meluap-luap ketika menemukan konten viral, justru hal ini akan memperkeruh situasi. Akibatnya, timbul konten tak bermutu lainnya yang berpotensi viral.

“Poin terpenting dalam penyebaran konten viral ini adalah menelusuri kebenaran dari suatu berita,” ujar Andri.

Dia mengatakan, kebenaran dalam suatu konten berkaitan dengan tema yang diangkat ICT Watch yaitu #makincakapdigital.

Untuk diketahui, Indonesia Information and Communication Technology Partnership Association (ICT Watch) meluncurkan tagar makin cakap digital agar para pengguna media sosial dapat menyikapi dengan baik berbagai konten yang bertebaran. Hal ini dikhususkan untuk terciptanya dunia digital yang bersih dan sehat.

Dengan adanya acara ICT Watch Roadshow ini, harapannya dapat memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menyikapi konten-konten yang beredar. Karena sebagai pengguna medsos, haruslah bijak dan pintar dalam menanggapi konten viral yang ada.

artikel ini direpost dari TuguJatim