Privasi & Data Pribadi

Peretas Etis Retas Akun Twitter Donald Trump

Internet Sehat : Minggu lalu seorang peneliti keamanan Belanda berhasil login ke akun Twitter Presiden Amerika Donald Trump. Trump, pengguna Twitter yang sangat aktif dengan 87 juta follower, memiliki kata sandi yang sangat lemah dan mudah ditebak dan menurut peneliti, tidak menerapkan verifikasi dua langkah.

Peneliti, Victor Gevers, memiliki akses ke pesan pribadi Trump, dapat memposting tweet atas namanya dan mengubah profilnya. Gevers mengambil tangkapan layar ketika dia memiliki akses ke akun Trump.

Orang Belanda itu memberi tahu Trump dan layanan pemerintah Amerika tentang kebocoran keamanan. Setelah beberapa hari, dia dihubungi oleh Dinas Rahasia Amerika di Belanda. Badan ini juga bertanggung jawab atas keamanan Presiden Amerika dan menanggapi laporan tersebut dengan serius, sebagaimana dibuktikan oleh korespondensi yang dilihat oleh de Volkskrant. Sementara itu, akun Trump telah dibuat lebih aman.

Ini bukan pertama kalinya peretas Belanda berhasil mengambil alih akun Twitter Donald Trump. Pertama kali empat tahun lalu, tepat sebelum pemilu 2016, ketika tiga peretas bersama-sama berhasil mengambil kata sandi Trump dan mengakses akunnya. Bahwa seseorang sekarang telah berhasil lagi, sungguh luar biasa.

Victor Gevers juga merupakan salah satu dari tiga peretas yang masuk ke akun Trump pada 2016. Alasan melakukan upaya lain untuk meretas akun Trump adalah pelaporan di AS tentang Hunter Biden. Hard disk milik putra calon presiden Joe Biden diduga dicuri atau diretas juga karena Hunter Biden menggunakan sandi yang mudah ditebak (Hunter02).

Sumber : de Volkskrant

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.