Peretasan Twitter: Pria Inggris Ditangkap di Spanyol

Peretasan Twitter: Pria Inggris Ditangkap di Spanyol

Internet Sehat : Masih ingat aksi peretasan akun Twitter berprofil tinggi tahun lalu? Salah satu peretas yang bertanggung jawab atas aksi tersebut baru saja ditangkap di Spanyol.

Polisi Spanyol telah menangkap seorang warga negara Inggris berusia 22 tahun sehubungan dengan peretasan 130 akun Twitter terkenal, termasuk milik Elon Musk, Barack Obama, dan Kanye West. Akun yang diretas melakukan tweet ke pengikut mereka dan mendorong mereka untuk bergabung dengan penipuan Bitcoin, pada Juli tahun lalu.

Joseph O’Connor nama pria asal Inggris tersebut juga didakwa meretas TikTok dan Snapchat dan menghadapi tuduhan termasuk tiga tuduhan konspirasi untuk secara sengaja mengakses komputer tanpa izin dan memperoleh informasi dari komputer yang dilindungi.

Divisi San Francisco dari Biro Investigasi Federal (FBI) telah menyelidiki kasus ini, dibantu oleh Internal Revenue Service Criminal Investigation Cyber Crimes Unit dan Dinas Rahasia Amerika Serikat.

Sebelumnya, pihak berwenang telah mendakwa tiga pria sehubungan dengan pelanggaran tersebut, seorang remaj berusia 19 tahun, dari Bognor Regis, seorang remaja lainnya dan seorang anak berusia 22 tahun dari Florida.

Peretas mengambil kendali akun tokoh masyarakat dan mengirim serangkaian tweet yang meminta pengikut untuk mentransfer cryptocurrency ke dompet Bitcoin tertentu untuk menerima dua kali lipat uang sebagai imbalan. Akibatnya, Twitter harus menghentikan semua akun terverifikasi dari melakukan tweet.

Perusahaan media sosial kemudian mengatakan para peretas telah menargetkan karyawan Twitter untuk mencuri kredensial untuk mengakses sistem.

Sumber : BBC

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.