Perusahaan Keamanan FireEye Diretas Hacker Didukung Negara

Perusahaan Keamanan FireEye Diretas Hacker Didukung Negara

Internet Sehat : FireEye, salah satu perusahaan keamanan siber terbesar di AS, mengatakan pada hari Selasa yang lalu bahwa peretas pemerintah asing dengan kemampuan kelas dunia masuk ke jaringannya dan mencuri alat yang digunakannya untuk menguji pertahanan ribuan pelanggannya, yang termasuk pemerintah federal, negara bagian, pemerintah lokal, dan perusahaan global besar.

CEO FireEye, Kevin Mandia mengatakan bahwa para peretas terutama mencari informasi yang berkaitan dengan pelanggan pemerintah tertentu. Dia mengatakan tidak ada indikasi peretas mendapatkan informasi pelanggan dari konsultasi perusahaan atau bisnis respons insiden atau data intelijen ancaman yang dikumpulkannya.

Peretasan FireEye, sebuah perusahaan dengan serangkaian kontrak bisnis di seluruh ruang keamanan nasional di AS dan di antara sekutunya, adalah salah satu pelanggaran paling signifikan dalam beberapa waktu terakhir.

Peretasan terhadap FireEye diungkapkan dalam posting blog yang ditulis oleh Mandia. Posting itu mengatakan red team tools dicuri sebagai bagian dari operasi yang sangat canggih. Tidak jelas persis kapan peretasan pertama kali terjadi. Selain pencurian alat, para peretas juga tampak tertarik pada sebagian pelanggan FireEye berupa lembaga pemerintah.

FireEye sendiri telah bermitra dalam beberapa pekan terakhir dengan pembuat perangkat lunak yang berbeda untuk berbagi tindakan defensif. Belum ada bukti bahwa alat peretasan FireEye telah digunakan atau bahwa data klien telah disalahgunakan. Namun penyelidikan, yang mencakup bantuan dari FBI dan Microsoft, masih dalam tahap awal.

Juru bicara Microsoft mengatakan bahwa insiden tersebut menunjukkan mengapa industri keamanan harus bekerja sama untuk mempertahankan dan menanggapi ancaman yang ditimbulkan oleh musuh yang memiliki dana besar menggunakan teknik serangan baru dan canggih. Sementara FBI tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Kit spionase komputer yang dicuri menargetkan berbagai kerentanan dalam produk perangkat lunak populer. Belum jelas secara pasti sistem mana yang mungkin terpengaruh.

Berbasis di Milpitas, California, FireEye telah berada di garis depan dalam menyelidiki kelompok peretas yang didukung negara, termasuk kelompok Rusia yang mencoba masuk ke pemerintah negara bagian dan lokal di AS yang menyelenggarakan pemilihan presiden.

FireEye dikreditkan karena mengaitkan peretas militer Rusia pada serangan pertengahan musim dingin pada 2015 dan 2016 di jaringan energi Ukraina.

Sumber : The Guardian

Mari belajar Privasi, Gratis di Galeri Privasi.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.