Polisi Belanda Selidiki Hack Akun Presiden Trump

Polisi Belanda Selidiki Hack Akun Presiden Trump

Internet Sehat : Polisi Belanda telah menanyai seorang peneliti keamanan yang mengatakan dia berhasil masuk ke akun Twitter presiden AS dengan menebak kata sandinya.

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, bulan lalu, penyelidik dunia maya terkenal Victor Gevers mengatakan dia telah mendapatkan akses ke akun Twitter Donald Trump dengan kata sandi MAGA2020!. Gedung Putih membantah hal itu terjadi dan Twitter mengatakan tidak ada bukti peretasan.

Namun, Gevers telah mengungkapkan lebih banyak informasi untuk mendukung klaimnya. Sebagai bagian dari interogasi polisi, untuk pertama kalinya Gevers mengungkapkan bahwa dia memiliki bukti peretasan yang jauh lebih banyak daripada yang telah dia katakan sebelumnya.

Ia tidak mengungkapkan dengan tepat informasi apa yang dimilikinya, tetapi dengan masuk ke akun Twitter seseorang, seseorang secara teori akan dapat melihat dan mengirim pesan pribadi, melihat tweet yang telah ditandai oleh pengguna secara pribadi, mengakses informasi seperti berapa banyak orang yang telah diblokir oleh pemegang akun, dan bahkan dapat mengunduh arsip dari semua data pengguna, termasuk foto dan pesan.

Seorang juru bicara Kejaksaan Belanda mengkonfirmasi kepada surat kabar De Volkskrant bahwa mereka sedang menyelidiki apakah telah terjadi sesuatu yang kriminal. Juru bicara tersebut mengatakan penyelidikan mereka adalah penyelidikan independen Belanda dan bukan berdasarkan permintaan bantuan hukum AS.

Polisi mengatakan bahwa Gevers telah diinterogasi sebagai saksi oleh High Tech Crime Team dan belum menjadi tersangka. Polisi harus terlebih dahulu membuktikan bahwa peretasan itu terjadi. Jika jaksa menganggap tindakan Gevers ilegal dan di luar bidang penelitian keamanan dunia maya, dia bisa menghadapi hukuman empat tahun penjara.

Gevers mengatakan kepada wartawan tentang peretasannya pada 22 Oktober. Outlet berita Belanda Vrij Nederland pertama kali melaporkan cerita tersebut. Akun Twitter Donald Trump memiliki sekitar 89 juta follower.

Sumber : BBC

Yuk belajar Privasi, Gratis di Galery Privasi.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.