Privasi & Data Pribadi

Posting Boarding Pass di Instagram, Tony Abbott Diretas

Internet Sehat : Mantan Perdana Menteri Australia Tony Abbott mendapatkan nomor telepon dan detail paspornya diretas oleh seseorang peretas setelah memposting foto boarding pass-nya di Instagram. Hacker Alex Hope mengatakan bahwa ia menemukan detail Abbott dari boarding pass Qantas hanya dalam waktu 45 menit.

Dia kemudian menghabiskan waktu berbulan-bulan mencoba menghubungi Abbott untuk memperingatkannya tentang pelanggaran keamanan. Abbott memposting foto boarding pass untuk penerbangannya dari Sydney ke Tokyo pada 21 Maret di akun Instagram-nya.

Hope mengatakan dia menerima pesan dari seorang teman yang menantangnya untuk meretas mantan perdana menteri Australia tersebut karena mereka baru-baru ini mendiskusikan bahaya memasang boarding pass secara online. Hacker tersebut menjelaskan dalam posting blog yang diterbitkan pada hari Rabu kemarin bahwa dia dapat menemukan informasi Abbott karena referensi pemesanannya tercetak di boarding pass.

Dia kemudian dapat masuk ke pemesanan Abbott dan mencari melalui kode HTML untuk menemukan nomor paspor dan nomor teleponnya. Kode tersebut juga termasuk percakapan dengan staf Qantas tentang Abbott.

Hope mengatakan dia menghubungi Australian Signals Directorate yang menangani keamanan dunia maya. Mereka berterima kasih kepadanya karena telah menyampaikan masalah tersebut kepada mereka dan mengatakan bahwa mereka akan menyelidikinya.

Dia kemudian menghabiskan waktu berbulan-bulan mencoba menghubungi staf Abbott untuk memberi tahu mereka tentang situasinya. Dia mengatakan dia tidak ingin menelepon Abbott di nomor pribadi yang ditemukan di kode HTML.

Setelah beberapa waktu, dia dapat menghubungi asisten pribadi Abbott yang mengonfirmasi bahwa dia mengetahui tentang pelanggaran tersebut dan sedang dalam proses mendapatkan nomor paspor baru untuknya.

Sumber : BBC

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.