Privasi & Data Pribadi

Prancis Buat Undang-undang untuk Melindungi Influencer Anak-anak

Internet Sehat : Prancis telah memperkenalkan undang-undang baru untuk melindungi bintang media sosial atau influencer yang masih sangat muda atau anak-anak.

Undang-undang tersebut bertujuan untuk mengatur jam kerja untuk mereka yang berusia di bawah 16 tahun yang bekerja secara online dan apa yang terjadi dengan penghasilan mereka.

Undang-undang tersebut juga juga menyatakan hak untuk dilupakan yang berarti bahwa platform berkewajiban untuk menghapus konten atas permintaan anak tersebut.

Popularitas influencer anak-anak telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dengan sejumlah anak-anak yang masih sangat muda muncul di daftar penerima pendapatann teratas di YouTube.

Anggota parlemen di balik RUU tersebut, Bruno Studer mengatakan bahwa perubahan tersebut akan membuat Prancis menjadi pelopor hak-hak bintang media sosial anak.

Undang-undang baru, yang disahkan dengan suara bulat pada hari Selasa yang lalu tidak memengaruhi semua anak yang muncul di media sosial, tetapi menargetkan mereka yang menghabiskan banyak waktu untuk bekerja online dan yang pekerjaannya menghasilkan pendapatan.

Perubahan tersebut menawarkan mereka perlindungan yang sama seperti yang diberikan kepada model dan aktor anak-anak di Prancis, dengan penghasilan mereka ditempatkan di rekening bank hingga mereka berusia 16 tahun. Perusahaan yang ingin mempekerjakan influencer anak juga harus mendapat izin dari otoritas setempat.

Sebelum undang-undang itu disahkan pada hari Selasa, Studer mengatakan kepada surat kabar La Tribune bahwa hak-hak anak harus dijaga dan dilindungi, termasuk di internet yang tidak boleh menjadi wilayah tanpa hukum.

Dunia bintang media sosial anak bisa sangat menguntungkan, dengan pendapatan yang didorong oleh kesepakatan iklan dan penjualan merchandise. Menurut Forbes, penerima penghasilan dari YouTube teratas tahun lalu adalah Ryan Kaji yang saat itu berusia delapan tahun. Ia menghasilkan 26 juta dollar AS dari saluran ulasan mainannya. Berada di urutan ketiga dalam daftar tersebut adalah Anastasia Radzinskaya, kelahiran Rusia, sekarang berusia enam tahun yang berpenghasilan 18 juta dollar AS.

Sumber : BBC

Sumber Foto : The Verge

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.