Literasi Digital

Riwayat Obrolan Pribadi Pengguna Microsoft Team Dihapus Secara Tak Sengaja

Internet Sehat : Riwayat obrolan pribadi sebanyak 145.000 pengguna Microsoft Teams di perusahaan KPMG telah dihapus secara tidak sengaja secara permanen bulan ini. Hal ini terjadi karena adanya kesalahan dalam teknologi informasi perusahaan tersebut.

Bidang Global Technology & Knowledge (GT&K) pada raksasa akuntansi KPMG berusaha untuk menghapus satu akun pengguna dari kebijakan penyimpanan aktif pada hari Sabtu, 15 Agustus. Akan tetapi usaha tersebut tidak berjalan sesuai rencana.

Dalam pelaksanaannya terjadi kesalahan manusia dan kebijakan itu diterapkan ke seluruh penempatan Tim KPMG, bukan ke akun tertentu. Kesalahan penerapan ini mengakibatkan penghapusan riwayat obrolan dari pengguna akhir di seluruh KPMG.

Dampak insiden tersebut, bervariasi di seluruh jaringan perusahaan, memengaruhi beberapa grup lebih dari yang lain. Meskipun kebijakan penyimpanan yang berlaku telah dikembalikan, efek penghapusan obrolan dapat bertahan hingga Senin, 24 Agustus. Microsoft telah mengonfirmasi bahwa data obrolan MIcrosoft Teams di KPMG tidak dapat dipulihkan.

Hanya obrolan pribadi yang hilang, bukan obrolan yang dilakukan sebagai bagian dari rapat Teams atau saluran Teams, dan bukan file yang diunggah. Microsoft, seharusnya, menyebutkan jumlah akun yang terpengaruh, yaitu 145.000 akun dan diharapkan memberikan pembaruan.

Sumber : Register

Sumber Foto : The Statement

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.