Rusia Kemungkinan Berada di Belakang Peretasan Pemerintah AS

Rusia Kemungkinan Berada di Belakang Peretasan Pemerintah AS

Internet Sehat : Rusia “kemungkinan” berada di belakang serangkaian peretasan agen federal AS yang diidentifikasi bulan lalu. Hal ini diungkapkan oleh kantor US director of national intelligence yang mengatakan para peretas melanggar kurang dari 10 badan federal.

Dalam sebuah pernyataan bersama, FBI dan banyak badan lainnya di pemerintah AS mengatakan tujuan peretas tampaknya untuk mengumpulkan (data) intelijen, bukan sebuah tindakan untuk merusak (apa pun).

Badan-badan tersebut mengatakan bahwa aktor tersebut, “kemungkinan berasal dari Rusia, bertanggung jawab atas sebagian besar atau semua kompromi dunia maya yang baru-baru ini ditemukan dan berkelanjutan dari jaringan pemerintah dan non-pemerintah. Penyelidikan terus berlanjut dan korban (badan pemerintah) bisa saja bertambah.

Pejabat terpilih yang diberi pengarahan tentang penyelidikan sebelumnya mengatakan Rusia berada di balik peretasan, tetapi Donald Trump telah mengacaukannya dengan mengatakan itu bisa jadi China.

Penetrasi terhadap departemen termasuk pertahanan, negara, keamanan dalam negeri, perbendaharaan dan perdagangan sudah dianggap sebagai kompromi dunia maya yang paling terkenal setidaknya sejak berkas elektronik pada sebagian besar orang Amerika dengan izin keamanan diambil dari Kantor Manajemen Personalia lima tahun lalu.

Perusahaan keamanan FireEye yang juga terkena serangan menemukan babak baru serangan, yaitu banyak di antaranya dilacak ke pembaruan perangkat lunak dari SolarWinds yang membuat program manajemen jaringan yang banyak digunakan. Serangan lain telah menggunakan layanan cloud Microsoft, dengan email menjadi tujuan utama para peretas.

Sumber : The Guardian

Belajar Privasi di Galeri Privasi.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.