Scammer Gunakan Fake Windows 11 Installers untuk Mengirimkan Malware

Scammer Gunakan Fake Windows 11 Installers untuk Mengirimkan Malware

Internet Sehat : Scammers sudah mengambil keuntungan dari hype seputar rilis Microsoft Windows berikutnya untuk mendorong installer Windows 11 palsu yang penuh dengan malware, adware, dan alat berbahaya lainnya.

Sementara Windows 11 akan mulai diluncurkan di seluruh dunia pada awal 2022, Microsoft telah membuatnya tersedia untuk diinstal ke semua pelanggan yang terdaftar dalam Insider Program setelah secara resmi meluncurkannya sebagai versi Windows berikutnya bulan lalu.

Namun, ratusan pengguna yang telah mengunduh installer dari sumber tidak resmi terinfeksi malware, seperti yang ditemukan oleh peneliti keamanan Kaspersky.

Kaspersky mengatakan bahwa meskipun Microsoft telah membuat proses pengunduhan dan penginstalan Windows 11 dari situs resminya cukup mudah, banyak yang masih mengunjungi sumber lain untuk mengunduh perangkat lunak, yang sering kali berisi barang-barang yang tidak diiklankan dari penjahat dunia maya (dan tidak selalu Windows 11).

Banyak malware yang didistribusikan oleh penyerang dengan cara yang dirancang untuk mengirimkan muatan berbahaya lainnya ke komputer korban yang sudah terinfeksi. Umpan penginstal Windows 11 juga digunakan untuk secara langsung mendorong berbagai muatan lainnya, mulai dari adware (sebagian besar dianggap tidak berbahaya oleh perangkat lunak anti-malware) hingga trojan yang lebih berbahaya, pencuri kata sandi, dan hal-hal berbahaya serupa.

Salah satu pengguna yang terinfeksi mengunduh Installer Windows 11 palsu sebesar 1,75 GB yang, setelah diluncurkan, menampilkan apa yang tampak seperti wizard penginstalan Windows. Namun, penginstal jahat akan mengunduh dan menjalankan penginstal kedua yang dirancang untuk menginstal adware, program yang mungkin tidak diinginkan, dan malware.

Untuk menghindari terinfeksi dengan segala macam malware jahat oleh penginstal Windows 11 nakal, pengguna harus selalu mengunduh yang resmi dari sumber resmi saja. Windows 11 tersedia untuk semua pengguna yang terdaftar dalam program Windows Insider dan dapat diinstal di komputer Windows 10 mana pun.

Sebagai bagian dari pengumuman Windows 11 Juni, Microsoft juga menerbitkan persyaratan perangkat keras Windows 11, yang menyatakan bahwa prosesor keamanan TPM 2.0 diperlukan untuk meningkatkan atau menginstal Windows 11.

Namun, Microsoft mengatakan bahwa Windows Insiders yang sudah ada di saluran Dev masih dapat menginstal build pratinjau Windows 11 meskipun tidak memenuhi persyaratan sistem minimum OS.

Sumber : Bleeping Computer

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.