Scammers Gunakan  QR Code untuk Menjarah Alat Pembayaran Parkir

Scammers Gunakan QR Code untuk Menjarah Alat Pembayaran Parkir

Internet Sehat : Polisi San Antonio telah memperingatkan penduduk setempat tentang penipuan yang menargetkan orang-orang yang mencoba membayar tiket parkir mereka melalui QR Code. Pihak berwenang mengatakan orang-orang mulai menempelkan QR Code mereka sendiri ke mesin, yang mengarahkannya ke portal pembayaran scam ketika dipindai.

Departemen kepolisian mencatat dalam tweet terpisah bahwa siapa pun yang mengalami pelanggaran kartu kredit setelah melakukan pembayaran meteran parkir dan mencurigai mereka mungkin menjadi mangsa salah satu penipuan untuk mengajukan laporan polisi dan memberi tahu bank mereka sesegera mungkin.

Skema penipuan ini adalah cara yang cukup pintar untuk mengambil beberapa dolar dari pemilik mobil dan ternyata San Antonio bukan satu-satunya kota yang terkena dampak. Setelah San Antonio mengeluarkan peringatannya pada akhir Desember, Austin dan Houston mulai memeriksa meteran mereka sendiri.

Benar saja, afiliasi Fox News lokal di daerah Austin melaporkan pekan lalu bahwa kode palsu serupa ditempel di 29 meter parkirnya. Jaringan berita lokal Houston kemudian melaporkan bahwa mereka menangkap lima meter parkir dengan kode penipuan yang sama.

Laporan Houston mengklaim bahwa pemilik mobil yang memindai kode QR yang tampaknya tidak berbahaya akan dibawa ke situs yang sekarang tidak berfungsi, yaitu passportlab.xyz yang akan mengarahkan orang untuk masuk ke sistem Parkir Bayar Cepat. Setelah pembayaran itu dilakukan, aktor jahat yang menjalankan situs itu seharusnya bisa mendapatkan uang tunai.

Sementara penipuan ini tampaknya berpusat di Texas dan mengenai meteran parkir Texas, khususnya QR Code ada di mana-mana. Berkat pandemi, bisnis di seluruh negeri kini tanpa sentuhan dan kemungkinan akan mempertahankan teknologi dua dimensi ini di masa mendatang. Seluruh bencana ini harus menjadi pengingat bahwa lain kali jika duduk di restoran atau bar dan memindai kode, pastikan untuk memeriksa kembali ke mana kode itu mengarah.

Sumber : Gizmodo

Share