Signal Tambahkan Fungsi Melaporkan dan Memblok Pesan Spam

Signal Tambahkan Fungsi Melaporkan dan Memblok Pesan Spam

Internet Sehat : Signal telah menambahkan cara mudah bagi pengguna untuk melaporkan dan memblok pesan spam langsung dari layar permintaan pesan dengan satu klik.

Fungsi permintaan pesan ditambahkan ke Signal tahun lalu pada Agustus 2020, untuk memungkinkan pengguna baru menjangkau pengguna Signal lain meskipun mereka tidak ada di buku alamat mereka dan memberikan lebih banyak info kontekstual kepada mereka yang menerima.

Sementara pengguna sudah dapat memblokir permintaan tersebut dan menghapusnya, Signal kini telah mengubah dialog blokir untuk menyertakan opsi Report Spam and Block untuk melaporkan pesan yang tidak diinginkan dan tidak diminta.

Signal mengatakan bahwa untuk menghilangkan spam di seluruh jaringan, mereka menambahkan jalan bagi penerima jika pesan masuk yang tidak diinginkan muncul. Saat pengguna memblok pengguna dari layar permintaan pesan, pengguna juga dapat melaporkan pesan tersebut sebagai spam.

Layanan lain mungkin menggunakan ini sebagai kesempatan untuk mengumpulkan konten percakapan yang tidak terenkripsi atau untuk mengunggah informasi tambahan yang digunakan untuk mengidentifikasi kampanye spam. Signal berkomitmen pada privasi pengguna dan tidak melakukan hal tersebut dan mengambil pendekatan yang berbeda.

Saat mengklik Report Spam and Block perangkat pengguna akan mengirimkan nomor telepon pengirim dan ID pesan ke server Signal. Jika nomor telepon yang sama dilaporkan beberapa kali atau menunjukkan tanda-tanda digunakan sebagai platform untuk spam otomatis, Signal akan meminta proof of humanity yang akan memblokir pesan tambahan agar tidak dikirim hingga tantangan (misalnya, CAPTCHA) lengkap.

Pendekatan dalam menangani potensi spammer ini memungkinkan Signal untuk memperlambat mereka sambil menjaga pengiriman pesan tetap lancar untuk pengguna biasa.

Signal juga memodifikasi aplikasinya untuk berhenti menghubungkan URL yang ditampilkan di layar permintaan pesan sebagai tindakan sederhana untuk menghentikan scammer agar tidak mengarahkan target potensial ke situs phishing atau penipuan.

Perubahan ini terjadi setelah gelombang besar jutaan pengguna baru bergabung bulan ini dengan Signal menyusul pemadaman besar-besaran Facebook dari awal Oktober. Signal juga mengatakan mengalami masalah sendiri setelah pengguna Facebook bergabung dengan eksodus besar-besaran ke platform Signal dan Telegram. Saat ini, Signal memiliki lebih dari 50 juta pemasangan di perangkat Android dan lebih dari 426.000 peringkat di Apple App Store.

Sumber : Bleeping Computer

Sumber Foto : PC Mag

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.