Sir Tim Berners-Lee: Kesenjangan Digital Semakin Lebar

Sir Tim Berners-Lee: Kesenjangan Digital Semakin Lebar

Internet Sehat : Penemu web Sir Tim Berners-Lee memperingatkan kesenjangan digital yang semakin lebar. Ia mengatakan bahwa virus corona telah menyoroti pentingnya konektivitas internet sebagai hak dasar.

Sir Tim Berners-Lee mengatakan terlalu banyak anak muda yang tidak memiliki akses internet dan kesenjangan digital telah meluas selama pandemi. Dia meminta pemerintah untuk berinvestasi untuk menyediakan broadband universal pada tahun 2030.

Menurutnya, sepertiga anak muda tidak memiliki akses internet dan banyak lagi yang tidak memiliki kualitas koneksi yang dibutuhkan untuk bekerja atau belajar dari rumah. Dalam wawancara dengan BBC, dia mengatakan bahwa saat web menjadi lebih kuat, kesenjangan digital antara yang kaya dan yang tidak punya semakin lebar.

Ilmuwan komputer ini menyerukan percepatan dorongan untuk menghadirkan broadband serat optik dan koneksi seluler yang lebih baik ke daerah pedesaan. Hal tersebut harus menjadi prioritas yang jauh lebih tinggi baik dari bisnis maupun pemerintah.

Surat Sir Tim, yang ditulis dengan salah satu pendiri Web Foundation Rosemary Leith, menyerukan dorongan global untuk menghubungkan kaum muda. Surat tersebut mengutip angka 428 miliar dollar AS yang menurut inisiatif Alliance for Affordable Internet akan perlu diinvestasikan oleh pemerintah dan sektor swasta untuk mencapai tujuan ini pada tahun 2030.

Sir Tim juga mengungkapkan keprihatinan tentang informasi yang salah dan pelecehan di web, khususnya yang ditujukan pada wanita muda. Namun dia mengatakan pandemi telah menawarkan kesempatan untuk berpikir kembali tentang meningkatkan kreasi untuk semua orang.

Sumber : BBC

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.