Literasi Digital

Situs Penipuan yang Menjual Masker dan Obat Palsu Ditutup

Internet Sehat: Inggris telah menindak situs-situs yang melakukan penipuan dan menjual obat palsu virus Corona. Sebanyak 300 situs telah ditutup karena adanya laporan dari masyarakat. Publik telah mengirimkan lebih dari 160.000 email yang mencurigakan ke layanan laporan penipuan sehingga 300 situs web ditutup.

Di Inggris, layanan Pelaporan Email Mencurigakan didirikan dua minggu lalu oleh National Cyber ​​Security Center (NCSC) Inggris. Layanan tersebut telah menerima 10.000 laporan hanya dalam satu hari, setelah dipromosikan di acara ITV Martin Lewis Money Show,

Banyak situs web penipuan mengklaim menjual tes coronavirus, masker wajah dan bahkan vaksin. Situs lainnya adalah mencoba meniru situs web resmi pemerintah yang mencoba menipu pengunjung agar memberikan informasi pembayaran kepada scammers.

Kepala eksekutif NCSC, Ciaran Martin, memuji respons fenomenal dari publik Inggris. Laporan masyarakat tersebut merupakan peran vital yang dapat dimainkan masyarakat dalam melawan penipuan..

Presenter TV Martin Lewis mengatakan email penipuan tetap menjadi hal yang paling sulit untuk dipecahkan. Menurutnya, setiap orang yang menemukan penipuan harus bersuara dan melaporkannya, untuk melindungi mereka yang tidak bisa melakukannya. Mereka yang ingin melaporkan email yang dicurigai dapat meneruskannya ke report@phishing.gov.uk

Pelaporan kasus-kasus penipuan ini merupakan salah satu upaya dalam melaksanakan internet sehat. Hal ini bisa melindungi banyak orang dari penipuan yang berujung kepada kehilangan uang dan kesejahteraan finaial.

Sumber: BBC

Similar Posts