Literasi Digital

Soros Minta Mark Zuckerberg Mundur dari Facebook

Miliarder George Soros telah menulis surat kepada Financial Times, menyerukan bos Facebook Mark Zuckerberg dan Sheryl Sandberg (dua orang yang sangat berpengaruh di Facebook) untuk mundur dari Facebook. Dia berpendapat penolakan Facebook untuk menghapus iklan politik membantu Donald Trump terpilih kembali.

Surat tersebut muncul ketika Zuckerberg menuju ke Eropa untuk menyerukan aturan yang lebih ringan terhadap Facebook. Usulannya telah menerima tanggapan dari anggota parlemen Eropa. Zuckerberg menginginkan regulasi konten berbahaya pada platform internet berbeda dari aturan yang ada yang mengatur perusahaan media dan telekomunikasi.

Menanggapi hal tersebut, komisioner industri Eropa Thierry Breton mengatakan bahwa bukan Eropa yang harus beradaptasi dengan Facebook, namun Facebook yang seharusnya beradaptasi dengan komisi Eropa.

Dalam surat pendeknya kepada FT, donor partai Demokrat George Soros menulis bahwa Zuckerberg tampaknya terlibat dalam semacam pengaturan bantuan bersama dengan Donald Trump yang akan membantunya terpilih kembali.

Soros mengatakan bahwa Mark Zuckerberg dan Sheryl Sandberg harus mundur dari kontrol Facebook. Dia menambahkan bahwa Zuckerberg mengaburkan fakta dalam argumennya untuk kontrol pemerintah yang lebih besar terhadap internet. Soros telah menjadi kritikus vokal Facebook dan pada bulan November 2018, jejaring sosial mengakui telah menyewa perusahaan PR untuk menjalankan kampanye kotor melawannya.

Firma Definers disewa oleh Facebook untuk menyelidiki tautan Soros dengan kampanye Freedom from Facebook yang mengampanyekan pembubaran Facebook. Sandberg awalnya menyangkal tentang perekrutan tersebut, tetapi kemudian mengklarifikasi bahwa dia telah diberitahu tentah hal tersebut, namun lupa namanya.

Sumber: BBC

Similar Posts