Literasi Digital

Teknologi 5G Aman dari Radiasi

Menurut badan internasional yang bertugas menetapkan batasan paparan radiasi, teknologi 5G aman dari radiasi. The International Commission on Non‐Ionizing Radiation Protection (ICNIRP), badan ilmiah yang berbasis di Jerman yang menilai risiko kesehatan dari paparan radiasi menyerukan pedoman baru untuk gelombang 5G milimeter, versi frekuensi paling tinggi dari standar telekomunikasi.

Namun dalam praktiknya, bentuk 5G tersebut yang digunakan di AS dan akan datang ke Eropa, masih memiliki tingkat output secara signifikan di bawah maksimum baru.

Dr Eric van Rongen, ketua ICNIRP, mengatakan bahwa mereka mengetahui sebagian masyarakat khawatir tentang keamanan 5G sehingga ICNIRP berharap pedoman yang diperbarui akan membantu membuat orang nyaman. Pedoman tersebut telah dikembangkan setelah peninjauan menyeluruh terhadap semua literatur ilmiah yang relevan, lokakarya ilmiah dan proses konsultasi publik yang luas. Mereka memberikan perlindungan terhadap semua efek kesehatan buruk yang dibuktikan secara ilmiah karena paparan [medan elektromagnetik] dalam rentang 100 kHz hingga 300 GHz. 

Frekuensi radio yang digunakan 5G di Inggris mirip dengan yang telah digunakan untuk telepon seluler sejak tahun 1998, ketika ICNIRP menerbitkan seperangkat pedoman pertama untuk paparan EMF. Tetapi gelombang 5G milimeter dan koneksi siaran lainnya di atas pita 6GHz, tidak diantisipasi pada tahun 1998.

Frekuensi yang lebih tinggi berinteraksi dengan jaringan organik secara berbeda, menghilangkan lebih banyak energi di permukaan dan melakukan penetrasi lebih sedikit, yang berarti standar baru melakukan pengukuran lintas penampang yang lebih kecil, dan secara khusus memperhatikan daya yang diserap oleh tubuh.

Terlepas dari bukti kuat bahwa 5G, seperti standar seluler sebelumnya, aman bagi publik, komunitas besar skeptis khawatir hal itu akan menyebabkan atau sudah menyebabkan  masalah kesehatan, termasuk, konon, coronavirus. Tidak ada bukti yang mendukung hubungan antara keduanya.

Sumber: The Guardian

Similar Posts