Tesla Matikan Fitur Game Saat Mengemudi

Internet Sehat : Tesla telah setuju untuk membuat perubahan pada fitur Passenger Play yang memungkinkan game dimainkan di layar sentuh saat mobil sedang bergerak. Keputusan ini mengikuti penyelidikan yang diluncurkan oleh National Highway Traffic Safety Administration, AS (NHTSA).

Agensi tersebut mengatakan telah diberitahu oleh Tesla bahwa pembaruan perangkat lunak akan menonaktifkan fitur saat game mengemudi. Perusahaan mobil milik Elon Musk telah menghadapi kritik bahwa fitur itu berbahaya.

The New York Times melaporkan bahwa Tesla telah menghubungi NHTSA secara langsung. Passenger Play sekarang akan dikunci dan tidak dapat digunakan saat kendaraan bergerak. Tesla belum mengeluarkan pernyataan resmi tentang masalah ini.

Saat mengumumkan penyelidikannya yang dibuka awal pekan ini, NHTSA mengatakan bahwa Passenger Play dapat mengalihkan perhatian pengemudi dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Meskipun kemampuan bermain game di layar sentuh mobil tidak ditujukan untuk pengemudi, dan meminta orang yang bermain untuk mengonfirmasi bahwa mereka adalah penumpang, tidak ada yang mencegah pengemudi menggunakannya.

Awalnya fitur tersebut hanya dapat digunakan saat mobil dalam keadaan diam, namun hal ini diubah pada Desember 2020 untuk memungkinkan gameplay saat mobil sedang bergerak.

Perubahan itu diperhatikan oleh salah satu pemilik Tesla, Vince Patton, yang mengajukan keluhan kepada NHTSA yang menggambarkannya sebagai “alai secara sembrono.

Ketika membuka penyelidikannya, NHTSA mencatat bahwa fitur tersebut dapat mengalihkan perhatian pengemudi dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Pedomannya menyatakan bahwa perangkat di dalam mobil harus dilepaskan sehingga tidak dapat digunakan oleh pengemudi untuk melakukan tugas sekunder yang mengganggu saat mengemudi.

Bulan Desember ini dilaporkan bahwa 3.142 kematian di jalan pada tahun 2019 disebabkan oleh pengemudi yang terganggu. Pada bulan Agustus, agensi meluncurkan penyelidikan ke dalam sistem Autopilot Tesla setelah selusin mobil yang menggunakan fitur tersebut menabrak kendaraan darurat yang diparkir.

Sumber : BBC

Sumber Foto : Elektrek

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.