TikTok: Akun Remaja Private by Default

TikTok: Akun Remaja Private by Default

Internet Sehat : Ketika seorang remaja mendaftar di layanan TikTok, akun mereka sekarang akan lebih pribadi secara default. TikTok mengatakan bahwa mereka memperbarui pengaturan default untuk pengguna berusia 13 hingga 15 tahun dengan cara membatasi siapa yang dapat melihat dan mengomentari video mereka. Hanya pengguna yang mereka tambahkan sebagai teman yang dapat melihat video mereka dan akun mereka tidak akan disarankan ke pengguna lain.

TikTok juga akan menonaktifkan sepenuhnya opsi untuk mengizinkan siapa pun mengomentari video pengguna remaja tersebut meskipun mereka menjadikan akun mereka publik. Pengguna yang berusia antara 13 dan 15 tahun hanya dapat mengizinkan teman-temannya untuk mengomentari video mereka atau mereka dapat menonaktifkan komentar sama sekali.

Fitur Duet dan Stitch aplikasi TikTok yang memungkinkan pengguna memposting ulang dan menanggapi video orang lain akan dinonaktifkan untuk video yang dibuat oleh pengguna berusia di bawah 16 tahun. Kemampuan untuk mendownload video pengguna di bawah usia tersebut juga dinonaktifkan. Untuk pengguna berusia antara 16 dan 17 tahun, TikTok menonaktifkan kemampuan untuk mengunduh video mereka secara default dan membatasi fitur Duet dan Stitch hanya untuk teman-teman mereka.

Penyesuaian ini harus ditambahkan ke TikTok untuk lebih melindungi pengguna termudanya. Pengguna tersebut masih dapat, pada umumnya, menggunakan TikTok seperti orang lain, tetapi aplikasi tersebut melakukan lebih banyak untuk melindungi pengguna dan video mereka dari komunitas pada umumnya.

TikTok secara bertahap menambahkan lebih banyak kontrol privasi untuk akun remaja selama setahun terakhir. Pada tahun 2020, aplikasi tersebut mulai mengizinkan orangtua untuk mengatur pembatasan pada akun anak dari jarak jauh dan kemudian juga mulai mengizinkan orangtua untuk mengubah pengaturan privasi anak mereka. TikTok sebelumnya menonaktifkan perpesanan langsung untuk pengguna di bawah 16 tahun.

Semua perubahan ini adalah perubahan yang substansial dari cara TikTok menangani akun anak-anak dahulu. TikTok harus membayar 5,7 juta dollar AS pada 2019 untuk menyelesaikan tuduhan bahwa aplikasi sebelumnya Musical.ly, gagal mendapatkan persetujuan orangtua untuk anak-anak di bawah 13 tahun.

Sumber : The Verge

Yuk belajar Privasi di Galeri Privasi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.