TikTok Bantu Remaja untuk Bisa Bekerja, Istirahat dan Tidur

TikTok Bantu Remaja untuk Bisa Bekerja, Istirahat dan Tidur

Internet Sehat : TikTok telah mengumumkan serangkaian perubahan yang dirancang untuk melindungi kesejahteraan pengguna remajanya. Perubahan tersebut antara lain pengguna berusia 13-15 tahun tidak akan menerima push notifications mulai pukul 21:00 dan untuk usia 16 dan 17 tahun, mulai pukul 22:00.

Menurut TikTok, perubahan ini untuk membantu remaja fokus pada pekerjaan, belajar, relaksasi, dan tidur. Hal tersebut juga mengubah pengaturan default sehingga anak berusia 16 dan 17 tahun harus memilih untuk menerima pesan langsung.

Menurut TikTok, mereka ingin membantu pengguna muda khususnya mengembangkan kebiasaan digital positif sejak dini. Pengumuman sebelumnya dari TikTok membatasi pengiriman pesan langsung hanya untuk pengguna di atas 16 tahun.

Sekarang, untuk anak berusia 16 dan 17 tahun, pesan langsung akan disetel ke no-one secara default yang berarti untuk mengirim pesan kepada orang lain, mereka harus secara aktif beralih ke opsi berbagi yang berbeda. Pengguna yang ada akan diminta untuk meninjau dan mengonfirmasi pengaturan privasi mereka saat berikutnya mereka mengirim pesan.

Selain itu, TikTok mengatakan, sebelum mereka dapat memposting TikTok pertama mereka, anak di bawah 16 tahun sekarang akan diminta untuk memilih kepada siapa video mereka akan terlihat di mana tersedia tiga opsi, yaitu pengikut mereka, hanya teman atau hanya diri mereka sendiri.

Pimpinan keamanan anak online di ational Society for the Prevention of Cruelty to Children, Andy Burrows menyambut baik langkah-langkah baru tersebut, dengan mengatakan TikTok menunjukkan kepemimpinan industri dan langkah itu akan mengurangi peluang bagi pelanggar untuk melakukan grooming terhadap anak-anak.

Sumber : BBC

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.