TikTok Digugat Anak Usia 12 Tahun

TikTok Digugat Anak Usia 12 Tahun

Internet Sehat : Seorang anak perempuan berusia 12 tahun berharap untuk bisa melakukan tindakan hukum terhadap aplikasi berbagi video TikTok. Ia mengklaim bahwa TikTok telah menggunakan data anak-anak secara tidak sah.

Pengadilan telah memutuskan bahwa anak perempuan tersebut dapat tetap anonim jika kasusnya berlanjut ke pengadilan.

Aksi anak perempuan tersebut didukung oleh Anne Longfield, komisaris anak-anak untuk Inggris. Dia yakin TikTok telah melanggar undang-undang perlindungan data Inggris dan Uni Eropa.

TikTok mengatakan pihaknya memiliki kebijakan yang kuat untuk melindungi anak-anak dan tidak mengizinkan anak di bawah 13 tahun untuk bergabung.

Longfield berharap kasus ini akan mengarah pada tindakan perlindungan yang lebih besar untuk pengguna yang berusia di bawah 16 tahun yang menggunakan TikTok di Inggris dan mungkin di negara lainnya.

Dia yakin aplikasi tersebut mengumpulkan dan memproses data anak-anak untuk menjalankan algoritma rekomendasi videonya, untuk menarik perhatian penonton dan menghasilkan pendapatan dari iklan.

Longfield kepada Pengadilan Tinggi di London bahwa dia berharap pada akhirnya (pengadilan) akan mengeluarkan perintah yang memaksa TikTok untuk menghapus data anak tersebut. Namun fokus dari sidang pendahuluan adalah untuk memutuskan apakah anak perempuan berusia 12 tahun itu dapat membuat klaim anonim.

Justice Warby menilai anak perempuan tersebut berisiko di-bully oleh dunia maya oleh anak-anak lain dan pengguna TikTok jika identitasnya terungkap. Dia bisa menghadapi reaksi bermusuhan dari influencer media sosial yang mungkin merasa status atau penghasilan mereka terancam.

Sebelumnya pada tahun 2019, TikTok didenda 5,7 juta dollar AS oleh Komisi Perdagangan Federal AS karena penanganan data anak-anak. Korea Selatan mengeluarkan denda karena alasan serupa pada tahun 2020.

Dalam sebuah pernyataan, TikTok mengatakan bahwa privasi dan keamanan adalah prioritas utama TikTok dan mereka memiliki kebijakan, proses, dan teknologi yang kuat untuk melindungi semua pengguna dan pengguna yang lebih muda pada khususnya.

Persyaratan dan ketentuan aplikasi TikTok menyatakan bahwa layanan TikTok tidak tersedia untuk anak di bawah 13 tahun dan semua pengguna ditanyai usianya saat mendaftar. TikTok secara aktif meninjau dan menghapus akun yang tampaknya digunakan oleh di bawah 13 tahun.

Sumber : BBC

Belajar Privasi Gratis di Galeri Privasi.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.