Tips Belanja Online Aman, No Tipu-tipu

Tips Belanja Online Aman, No Tipu-tipu

Internet Sehat: Belanja online? Siapa yang tidak melakukannya. Apalagi ketika pandemi, hampir semua orang belanja online karena kalau belanja offline khawatir terpapar virus Corona. Namun, belanja online tidak semudah yang diperkirakan banyak orang karena mungkin saja bisa kena tipu.

Agar terhindar dari penipuan setiap orang perlu tahu tips belanja online berikut ini:

  1. Cari Informasi Seputar Akun Penjual

Kamu bisa coba browsing seputar akun si penjual, cek testimoni, pengalaman konsumen yang telah berbelanja bahkan kamu bisa cek di beberapa akun instagram seperti @indonesiablacklist yang rajin ngeposting list akun yang memiliki reputasi buruk lho!

  1. Apakah Harganya Masuk Akal?

Jangan tergiur oleh harga murah, diskon besar-besaran dan promo yang wah karena bisa jadi jebakan betmen! Bandingkan dengan toko lain, apabila terlalu murah dari harga pasar bisa jadi ada niat untuk melakukan penipuan atau barang yang dijual bukanlah produk original.

  1. Jangan Lupa Baca Deskripsi Produk

Pastikan nama barang, varian, spesifikasi hingga kelengkapan yang ditawarkan sudah sesuai. Jika informasi kurang lengkap, kamu bisa menanyakan langsung ke penjual melalui fitur dm atau chat ke nomer yang tertera di profil.

  1. Cermati Syarat dan Ketentuan

Setiap toko memiliki syarat dan ketentuan. Baik itu masa garansi, perjanjian waktu pengembalian dan sebagainya. Yuk cermati syarat dan ketentuan agar kita sudah siap menerima apa yang telah dijanjikan oleh penjual.

  1. Pilih Marketplace, Lebih Aman!

Sebaiknya, pilih platform marketplace jika ingin belanja online. Karena saat melakukan pembayaran akan ada pihak yang berada di tengah antara pembeli dan penjual. Dan penjual akan terbayarkan jika barang sudah sampai di pembeli dengan selamat.

  1. Cek Rekening Penjual

Sekarang ada situs cekrekening.id atau kredibel.co.id . Situs tersebut dapat memberi informasi apakah rekening tersebut pernah ada masalah dan dilaporkan atas kasus penipuan atau tidak.

  1. Simpan Bukti Pembayaran

Setelah berhasil melakukan transaksi pembayaran, simpan bukti pembayaranmu. Ini diperlukan apabila terjadi hal yang tidak diinginkam.

  1. Selalu Minta Nomor Resi Pengiriman

Apabila penjual berkeras tidak memberikan nomor resi, konsumen wajib curiga. Namun hati-hati pula dengan nomor resi palsu. Segera cek status pengiriman di situs jasa eskpedisi dengan menggunakan nomor resi yang diberikan

  1. Cek Paket

Cek paket setelah sampai di tanganmu, apakah paket sudah sesuai. Jika ada kerusakan, langsung laporkan ke toko.

  1. Hilangkan Jejak Data
    Dan terakhir, jangan biarkan kertas berisi data alamat dan nomor handphone kamu buang begitu saja. Hancurkan terlebih dulu agar tidak terbaca. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan dengan datamu tersebut.

Yuk, jangan asal belanja online. Selalu perhatikan semua tips di atas demi keamanan dan kelancara saat belanja online.

Sumber Foto : IPC Digital

Belajar Privasi di Galeri Privasi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.