Literasi Digital

Toko Gadget yang Diduga Scam Puncaki Hasil Pencarian Google

Internet Sehat: Toko yang dicurigai sebagai penipu yang menampilkan gadget yang sulit ditemukan dengan harga di bawah normal, memuncaki hasil pencarian Google selama berhari-hari.

MyTechDomestic nama toko tersebut menerima pembayaran hanya melalui transfer bank langsung meskipun menunjukkan dukungan untuk kartu kredit dan PayPal dan secara salah diklaim dimiliki oleh perusahaan yang terdaftar di Inggris.

Toko tersebut dilaporkan ke Google pekan lalu, tetapi Google mengambil tindakan hanya setelah dihubungi oleh BBC News pada hari Senin. Operator situs tersebut tidak menanggapi beberapa permintaan komentar. Namun situs tersebut kemudian offline tidak lama setelah BBC News meminta tanggapan terhadap klaim pelanggan yang dianggap sebagai penipuan.

Action Fraud, pusat pelaporan nasional Inggris untuk penipuan dan kejahatan dunia maya, sedang menyelidiki masalah ini setelah menerima pengaduan dari seorang anggota masyarakat.

Which? Computing editor Kate Bevan mengatakan bahwa mengingat sejumlah besar orang yang melihat iklan ini, Google harus bergerak lebih cepat dalam menanggapi laporan penipuan, dan proaktif dalam memeriksa mereka untuk membantu mencegah orang kehilangan uang untuk penipu.

Sumber: BBC

Ikuti terus berita sekitar privasi, keamanan data dan berita menarik lainnya di situs Internet Sehat.

 

Similar Posts