Twitch Konfirmasi Pelanggaran Data secara Masif

Twitch Konfirmasi Pelanggaran Data secara Masif

Internet Sehat : Platform streaming game Twitch telah menjadi korban kebocoran data. Twitch dilaporkan membocorkan informasi rahasia perusahaan dan pendapatan streamer. Lebih dari 100GB data telah diposting online pada hari Rabu (6/10).

Dokumen-dokumen tersebut tampaknya menunjukkan streamer teratas Twitch masing-masing menghasilkan jutaan dolar dari perusahaan milik Amazon dalam dua tahun terakhir.

Twitch mengkonfirmasi pelanggaran data tersebut dan mengatakan pihaknya bekerja dengan urgensi untuk memahami sejauh mana tersebut terjadi. Dalam sebuah pernyataan yang diposting di Twitter, Twitch mengatakan akan memperbarui komunitas segera setelah informasi tambahan tersedia.

Streamer Fortnite BBG Calc mengatakan kepada BBC News bahwa daftar penghasilan diri mereka yang ada dalam data yang bocor tersebut 100% benar. Streamer lain mengkonfirmasi bahwa penghasilan mereka akurat sementara orang ketiga yang terkait erat dengan pemain terkenal mengatakan detailnya hampir benar.

Mereka yang berada di balik kebocoran data tersebut juga mengklaim memiliki kode sumber untuk platform video itu sendiri. Dokumen tersebut, yang dibagikan di forum online, tampaknya menunjukkan pembayaran yang dilakukan dari Agustus atau September 2019 hingga Oktober 2021.

Beberapa versi yang dibagikan secara online menunjukkan kepada streamer terkenal, termasuk saluran Dungeons & Dragons CriticalRole, xQC Kanada, dan American Summit1g, sebagai salah satu yang berpenghasilan tertinggi.

Dokumen-dokumen itu juga dilaporkan berisi banyak data internal Twitch. Metadata yang diposkan ke forum internet tampaknya menampilkan folder data yang dinamai menurut area perangkat lunak penting, termasuk paket konfigurasi inti, devtools (alat pengembang), dan infosec (keamanan informasi).

Dokumen-dokumen itu juga diduga berisi kode sumber untuk situs web Twitch dan layanan terkait, berlabel bagian satu yang menunjukkan mungkin ada lebih banyak materi yang belum dirilis.

Dalam posting online paling awal yang menautkan ke data, poster anonim menyebut komunitas Twitch sebagai tempat limbah beracun yang menjijikkan dan mengklaim kebocoran itu diposting untuk mendorong lebih banyak gangguan dan persaingan dalam streaming video.

Dalam beberapa bulan terakhir, Twitch telah berjuang melawan sejumlah masalah di platformnya, seperti serangan kebencian dan pelecehan terorganisir terhadap streamer dari latar belakang minoritas.

Sumber : BBC

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.