Literasi Digital

Twitter Larang 7.000 Akun QAnon, Batasi 150.000 Akun Lainnya

Internet Sehat : Twitter sangat serius dalam usahanya menciptakan percakapan yang sehat di platform mereka. Twitter pada hari Selasa waktu AS mengumumkan bahwa pihaknya telah mulai mengambil tindakan besar-besaran untuk membatasi jangkauan konten QAnon dan melarang banyak pengikut teori konspirasi karena masalah pelecehan yang terus-menerus dan penyebaran informasi yang salah.

Twitter akan menghentikan merekomendasikan akun dan konten yang terkait dengan QAnon, termasuk dalam email, push, dan rekomendasi Follow dan akan mengambil langkah-langkah untuk membatasi sirkulasi konten di tempat-tempat seperti tren dan pencarian. Tindakan ini akan berdampak pada sekitar 150.000 akun QAnon, menurut juru bicara Twitter yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena kekhawatiran tentang pelecehan yang ditargetkan terhadap karyawan media sosial.

Juru bicara Twitter juga mengatakan perusahaan tersebut telah melarang lebih dari 7.000 akun QAnon dalam beberapa minggu terakhir karena melanggar peraturan tentang pelecehan yang ditargetkan sebagai bagian dari kebijakan barunya.

Tindakan penegakan hukum akan melarang istilah terkait QAnon agar tidak muncul dalam topik yang sedang hangat dan fitur pencarian Twitter, melarang URL terkait QAnon yang dikenal, dan melarang mengerumuni korban yang menjadi sasaran tak berdasar oleh kampanye pelecehan terkoordinasi yang didorong oleh para pengikutnya.

Juru bicara Twitter mengatakan sementara penegakan yang ditargetkan terhadap QAnon jatuh di bawah aturan manipulasi platform Twitter yang ada, klasifikasi QAnon sebagai aktivitas berbahaya terkoordinasi adalah sebutan baru. Juru bicara tersebut mengatakan Twitter mengambil tindakan sekarang karena meningkatnya tingkat kerusakan yang terkait dengan teori konspirasi.

Twitter berencana untuk secara permanen menangguhkan akun yang melanggar kebijakan yang ada di sekitar manipulasi platform, melarang penghindaran dan mengoperasikan banyak akun yang merupakan perilaku yang biasa terlihat digunakan oleh akun QAnon. Twitter mulai memblokir situs web QAnon minggu lalu dan akan terus memblokir distribusi URL yang terkait QAnon.

QAnon adalah teori konspirasi sayap kanan tak berdasar yang berpusat di sekitar keyakinan bahwa keterangan rahasia anonim mengungkapkan bagaimana Presiden Donald Trump memimpin perang rahasia melawan apa yang disebut Deep State, kumpulan elit politik, bisnis dan Hollywood yang menyembah Setan dan pelecehan dan pembunuhan anak-anak. Teori konspirasi berasal dari Pizzagate, yang mengklaim Hillary Clinton menjalankan jaringan pedofil di luar toko pizza Washington D.C.

Sumber: NBC News

Sumber Foto : Getty Images via NBC News

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.