Twitter Mungkinkan Kunci Keamanan sebagai Satu-satunya Metode Otentikasi Dua Faktor

Twitter Mungkinkan Kunci Keamanan sebagai Satu-satunya Metode Otentikasi Dua Faktor

Internet Sehat : Sebagaimana diketahui, metode otentikasi dua faktor memberikan perlindungan kedua bagi akun dari kemungkinan login yang tidak sah. Metode otentikasi ini bisa berupa SMS, panggilan, dengan aplikasi dan kunci keamanan fisik.

Mengingat cara-cara otentikasi lain punya kelemahan tertentu seperti SMS, kini Twitter memungkinkan penggunanya untuk menggunakan kunci keamanan fisik sebagai satu-satunya metode otentikasi dua faktor sehingga metode otentikan lainnya tidak diperlukan lagi.

Pada bulan Maret yang lalu Twitter mengatakan akan segera memungkinkan pengguna menggunakan kunci keamanan sebagai satu-satunya metode otentikasi dua faktor. Kemarin Twitter mengumumkan bahwa fitur tersebut sudah aktif di seluler dan web.

Mampu menggunakan kunci keamanan sebagai salah satu metode otentikasi dua faktor bukanlah hal baru, tetapi sekarang pengguna dapat menjadikannya satu-satunya, jika mau. Kunci keamanan fisik memiliki keunggulan dibandingkan metode dua faktor lainnya seperti aplikasi otentikator atau SMS karena tidak bergantung pada kode yang dapat dicegat oleh aktor jahat.

Dalam beberapa tahun terakhir, Twitter telah menambahkan sejumlah fitur untuk meningkatkan keamanan login. Twitter berkembang melampaui SMS pada tahun 2017 dengan menambahkan dukungan untuk aplikasi otentikasi seperti Google Authenticator dan Authy.

Pada tahun 2019, Twitter memungkinkanpengguna mengaktifkan otentikasi dua faktor tanpa memberikan nomor telepon, sebuah perubahan positif mengingat SMS dapat rentan terhadap serangan pertukaran SIM (SIM Swapping) (seperti yang menyebabkan CEO Jack Dorsey kehilangan kendali atas akunnya selama sekitar satu setengah jam.

Sumber : The Verge

Sumber Foto : Review Geek

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.