Underwriters Laboratories (UL) Terkena Serangan Ransomware

Underwriters Laboratories (UL) Terkena Serangan Ransomware

Internet Sehat : UL LLC atau yang lebih dikenal sebagai Underwriters Laboratories, telah mengalami serangan ransomware yang mengenkripsi servernya dan menyebabkan server dimatikan selagi melakukan pemulihan.

UL adalah perusahaan sertifikasi keselamatan terbesar dan tertua di Amerika Serikat, dengan 14.000 karyawan dan kantor di lebih dari 40 negara. Logo perusahaan ini dapat ditemukan bagian belakang peralatan listrik, laptop, remote TV, bola lampu, atau bahkan pengisi daya USB Apple. Logo UL yang tertera di perangkat tersebut bisa langsung dikenali.

BleepingComputer telah mengetahui bahwa UL mengalami serangan ransomware akhir pekan lalu (sekitar akhir bulan Februari) yang mengenkripsi perangkat di pusat data mereka.

Untuk mencegah penyebaran serangan lebih lanjut, perusahaan menutup sistemnya sehingga tidak mungkin bagi beberapa karyawan untuk melakukan pekerjaan mereka. UL memberi tahu karyawan untuk tidak menghubungi pelaku ancaman atau mengunjungi situs apa pun yang terkait dengan operasi ransomware.

Menurut sumber yang mengetahui serangan tersebut, UL telah memutuskan untuk tidak membayar tebusan dan memulihkan sistem mereka dari cadangan. Oleh karena memerlukan waktu untuk memulihkan perangkat, serangan tersebut telah menyebabkan portal klien myUL tetap offline selagi perangkat dipulihkan.

Dalam sebuah pernyataan kepada BleepingComputer, UL mengkonfirmasi bahwa serangan itu terjadi pada 13 Februari dan saat ini sedang menyelidiki serangan tersebut. Tidak diketahui operasi ransomware apa yang melakukan serangan itu dan apakah mereka mencuri file yang tidak dienkripsi.

Sumber : Bleeping Computer

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.