Privasi & Data Pribadi

Uni Eropa Berikan Sanksi Tambahan kepada Mata-mata Rusia

Intetnet Sehat : Uni Eropa telah menjatuhkan sanksi kepada pengembang malware dan komandan militer Rusia yang setara dengan M16 Inggris selama lima tahun setelah keduanya terbukti menargetkan parlemen Jerman dengan serangan siber.

Kedua orang tersebut terdiri dari seorang laksamana yang memimpin agen mata-mata GRU dan seorang pengembang malware yang sudah ada dalam daftar sanksi internasional karena menargetkan penyelidikan pembunuhan massal MH17 saat ini kembali dikenakan larangan perjalanan.

Kantor Luar Negeri Inggris menyatakan malam bahwa sanksi ini akan diberlakukan oleh Inggris dan Uni Eropa. Menteri Luar Negeri Dominic Raab mengatakan dalam sebuah pernyataan tertulis bahwa Inggris bahu-membahu dengan Jerman dan mitra Eropa mereka untuk meminta pertanggungjawaban Rusia atas serangan dunia maya yang dirancang untuk melemahkan demokrasi Barat.

Dmitry Sergeyevich Badin saat ini harus tunduk pada pembekuan aset oleh negara-negara Uni Eropa. Serupa dengan itu, Laksamana Igor Kostyukov, kepala GRU, juga tidak dapat lagi menggunakan bank yang bermarkas besar di Uni Eropa atau menginvestasikan kekayaan pribadinya di negara-negara yang memiliki hubungan dengan Uni Eropa.

Badin sudah masuk dalam daftar penjahat dunia maya paling dicari dari Biro Investigasi Federal Amerika atau FBI menyusul peretasan di Badan Anti-Doping Dunia pada tahun 2016.

Peretasan Bundestag dilaporkan dimulai dengan mengkompromikan PC yang digunakan oleh Kanselir Jerman Angela Merkel, kompromi tersebut kemudian mengarah ke jaringan Bundestag (parlemen) yang lebih luas, melumpuhkan organisasi pemerintah Jerman selama beberapa hari.

Sumber : The Register

Sumber Foto : Think Stock

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.