Literasi Digital

Uni Eropa Pertimbangkan Larangan Pengenalan Wajah 5 Tahun

Komisi Eropa telah mengungkapkan bahwa mereka sedang mempertimbangkan larangan penggunaan pengenalan wajah di area publik hingga lima tahun. Regulator menginginkan waktu untuk terlebih dahulu mengetahui bagaimana cara untuk mencegah teknologi tersebut disalahgunakan.

Teknologi pengenalan wajah memungkinkan wajah yang ditangkap oleh CCTV diperiksa secara real time dan diuji dengan daftar pantauan (wajah) yangsering kali disusun oleh polisi.

Pengecualian untuk larangan tersebut dapat dibuat untuk proyek keamanan serta penelitian dan pengembangan. Komisi Eropa menetapkan rencananya dalam dokumen setebal 18 halaman, yang menunjukkan bahwa aturan baru akan diperkenalkan untuk mendukung peraturan yang ada seputar hak privasi dan data.

IKomisi Eropa juga mengusulkan kewajiban pengembang dan pengguna kecerdasan buatan dan mendesak negara-negara Uni Eropa untuk membuat otoritas yang bisa memantau aturan baru.

Proposal tersebut datang di tengah seruan dari politisi dan juru kampanye di Inggris agar polisi menghentikan penggunaan pengenalan wajah langsung untuk pengawasan publik. Kampanye tersebut mengklaim teknologi saat ini tidak akurat, mengganggu dan melanggar hak privasi individu.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan algoritma pengenalan wajah jauh kurang akurat dalam mengidentifikasi wajah orang kulit hitam dan Asia dibandingkan dengan wajah putih.

Sumber: BBC

Similar Posts