Literasi Digital

University of California Bayar Ransomware 1,14 Juta Dollar AS

Internet Sehat : Sebuah universitas di California yang hanya didedikasikan untuk penelitian kesehatan masyarakat telah membayar tebusan 1,14 juta dolar AS kepada geng kriminal dengan harapan mendapatkan kembali akses ke data mereka.

University of California San Francisco (UCSF) membayar tebusan dengan harapan bahwa kelompok Netwalker akan mengirimkan mereka sebuah utilitas dekripsi untuk file-file yang dienkripsi secara ilegal, yang disebut sebagai dat penting untuk beberapa pekerjaan akademik yang dilakukan.

Seorang negosiator yang bertindak atas nama UCSF dikatakan telah membuka penawaran untuk dekripsi di 780.000 dollar AS. UCSF mengatakan penjahat telah mengenkripsi sejumlah server di School of Medicine pada tangga 1 Juni 2020 dan mengatakan pada hari Jumat minggu lalu bahwa pihaknya bekerja dengan para ahli dari luar untuk memulihkan server yang terpengaruh. Sementara ini universitas tersebut sedang melakukan penelitian tentang COVID-19. Dalam sebuah sebuah pernyataan publik universitas tersebut mengatakan bahwa serangan itu tidak memengaruhi proyek tersebut.

Juga dicatat bahwa catatan medis pasien dan perawatan pasien tidak terpengaruh – universitas memiliki rumah sakit pendidikan terlampir, San Francisco Medical Center.

Peneliti Infosec, Brett Callow mengatakan bahwa Netwalker adalah salah satu geng yang tidak bergabung dengan deklarasi sebelumnya yang lebih etis yang berjanji untuk menghindari lembaga yang memerangi pandemi coronavirus.

Sumber: The Register

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.