Literasi Digital

Video Rasial, YouTube Tarik Iklan di Saluran Shane Dawson

Internet Sehat : YouTube telah menarik atau menangguhkan iklan di tiga saluran Shane Dawson karena munculnya video rasis yang sudah beredar cukup lama. Ketiga saluran YouTube populer Shane Dawson tidak akan dapat memperoleh pendapatan iklan untuk jangka waktu yang tidak terbatas.

Langkah ini dilakukan setelah sejumlah video lama di saluran Dawson diperiksa dengan cermat karena menampilkan konten rasis, anti-Semit, dan konten ofensif lainnya. Satu video, khususnya, Dawson membuat komentar seksual tentang Willow Smith yang saat itu berusia 11 tahun, yang membuat Jada Pinkett Smith dan Jaden Smith secara terbuka memanggil Dawson di Twitter.

Lamanya penangguhan monetisasi di Dawson tersebut tidak terbatas, tetapi tidak permanen. Tubefilter pertama kali melaporkan hal tersebut. Perilaku Dawson di masa lalu sudah cukup bagi YouTube untuk mengambil tindakan, meskipun videonya sudah berumur bertahun-tahun. Saluran yang terpengaruh termasuk Shane (22,5 juta pelanggan), Shane Dawson TV (8,4 juta pelanggan), dan Shane Glossin (3,7 juta pelanggan).

YouTube mengatakan bahwa dalam situasi yang jarang terjadi, namun merusak seperti ini, YouTube memiliki tanggung jawab untuk melindungi komunitas pembuat dan pengiklannya. Bahkan jika konten pembuat saat ini tidak melanggar pedoman YouTube, ketika video tersebut menarik perhatian YouTube, mereka memiliki tanggung jawab untuk mengambil tindakan.

Kreator lain, termasuk Jenna Marbles dan Liza Koshy, juga telah muncul selama beberapa hari terakhir untuk meminta maaf karena menggunakan penggambaran rasis dan stereotip saat memainkan karakter dalam video mereka sebelumnya. Marbles mengumumkan bahwa dirinya akan meninggalkan YouTube minggu lalu. Dawson belum mengatakan apa yang dia rencanakan berikutnya.

Sumber: The Verge

Sumber Foto: PC Mag

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.