WhatsApp Perpanjang Kebijakan Privasi Baru yang Membingungkan

WhatsApp Perpanjang Kebijakan Privasi Baru yang Membingungkan

Internet Sehat : WhatsApp telah memperpanjang batas waktu di mana dua miliar penggunanya harus menerima syarat dan ketentuan yang diperbarui atau berhenti menggunakan layanan. Tanggal batas awal bagi pembaruan kebijakan privasi tersebut awalnya adalah 8 Februari, tetapi pengguna sekarang memiliki waktu hingga 15 Mei untuk mengambil tindakan.

Perusahaan tersebut dikritik karena mengirimkan pemberitahuan kebijakan privasi yang tampaknya menyarankan perubahan pada data yang akan dibagikannya dengan perusahaan induknya, yaitu Facebook. WhatsApp mengatakan bahwa telah terjadi kebingungan tentang pesan yang mereka sampaikan melalui pop ups di aplikasi di Android dan iOS.

Sebagai akibat dari pesan yang membingungkan tersebut, sejak pengumuman dan pemberitahuan keluar di seluruh platformnya, jutaan orang di seluruh dunia telah mengunduh aplikasi perpesanan terenkripsi alternatif seperti Signal dan Telegram.

Dalam sebuah posting blog, WhatsApp mengatakan pesan pribadi selalu dienkripsi dan akan tetap pribadi. WhatsApp menambahkan bahwa praktik berbagi beberapa data pengguna dengan Facebook bukanlah hal baru dan tidak akan diperluas.

Menurut WhatsApp, pembaruan tersebut mencakup opsi baru yang harus dimiliki pengguna untuk mengirim pesan ke bisnis di WhatsApp dan memberikan transparansi lebih lanjut tentang cara WhatsApp mengumpulkan dan menggunakan data.

Dalam postingan FAQ sebelumnya, WhatsApp menjelaskan bahwa data yang sudah dibagikannya dengan perusahaan Facebook lain meliputi:

  • Nomor telepon dan informasi lain yang diberikan pada saat pendaftaran (seperti nama).
  • Informasi tentang ponsel pengguna, termasuk merek, model, dan perusahaan seluler yang digunakan.
  • Alamat IP pengguna yang menunjukkan lokasi koneksi internet, pembayaran dan transaksi keuangan apapun yang dilakukan melalui WhatsApp.
    Namun kebijakan inni tidak berlaku di Eropa dan Inggris, di mana terdapat hukum privasi yang berbeda.

Sumber : BBC

Belajar Privasi secara menyenangkan di Galeri Privasi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.