WhatsApp Rilis Fitur View Once Foto dan Video

WhatsApp Rilis Fitur View Once Foto dan Video

Internet Sehat : WhatsApp meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna menghapus foto atau video setelah dilihat. Setelah penerima membuka foto untuk pertama kalinya, maka fitur view once akan menghapusnya, tanpa menyimpannya ke telepon.

WhatsApp mengatakan fitur itu ditujukan untuk memberi pengguna lebih banyak kontrol atas privasi mereka. Namun, advokat perlindungan anak telah menyatakan keprihatinannya bahwa pesan yang hilang secara otomatis dapat membantu menutupi bukti pelecehan seksual terhadap anak.

Sebelumnya, The National Society for the Prevention of Cruelty to Children (NSPCC) Inggris sudah berselisih dengan perusahaan induk WhatsApp, yaitu Facebook atas penggunaan pesan terenkripsi.

Enkripsi semacam itu berarti polisi tidak dapat melihat pesan dalam perjalanan dan hanya pengirim dan penerima yang dapat melihatnya. Tetapi pesan yang dihapus secara otomatis dapat berarti bahwa perangkat yang disita dalam penggerebekan polisi juga tidak lagi mengandung bukti.

Alison Trew dari NSPCC mengatakan bahwa fitur view once ini dapat menempatkan anak-anak pada risiko yang lebih besar dengan memberi pelaku alat lain untuk menghindari deteksi dan menghapus bukti, ketika upaya untuk memerangi pelecehan seksual anak sudah terhalang oleh enkripsi ujung ke ujung.

WhatsApp memasarkan fitur view once sebagai fitur privasi untuk konsumen biasa, dengan mengatakan bahwa fitur tersebut dapat digunakan untuk foto pribadi yang dibuang, misalnya ketika mencoba pakaian di toko dan bertanya kepada pasangan bagaimana penampilan mereka atau mengirim kata sandi kepada seseorang.

Pengguna akan mengetahui bahwa pesan view once karena pratinjau akan disembunyikan dan ikon angka 1 besar ditampilkan sebagai gantinya. Sama seperti menghapus pesan di aplikasi lain seperti Snapchat, bagaimanapun, adalah mungkin bagi pengguna untuk mengambil tangkapan layar atau merekam layar pesan saat pertama kali dibuka atau merekam satu layar dengan kamera lain.

Fitur view once juga dilengkapi dengan batasan di mana foto tidak akan disimpan di aplikasi galeri ponsel, media tidak dapat diteruskan, disimpan, dibagikan, atau dibintangi serta akan kedaluwarsa jika tidak dibuka dalam waktu dua minggu.

Sumber : BBC

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.